oleh

PN Balige Gelar Sidang Lapangan Perkara Antara Toni Walker dan PT Aguafarm

ANALISNEWS, TOBA SAMOSIR – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Balige Kabupaten Toba Samosir menggelar sidang lapangan untuk melihat objek perkara perjanjian lahan tahun 2008 antara PT Aguafarm dengan warga Sirungkungon Toni Walker di Sibalanja desa Sirungkungon Kecamatan Ajibata Kabupaten Tobasa, Jumat (28/6/2019).

Sidang lapangan yang dihadiri Ketua Majelis Hakim PN Balige Hans Prayugo Tama SH dalam perkara 116 , Ketua Majelis Hakim Azhari Ginting SH dalam perkara 118 , Panitra Balige Nella Gultom SH Serta Kepala desa sirungkungon Punguan manurung, Kuasa Hukum Pengugat Masyarakat Desa Sirungkungon Toni Walker, Kuasa Hukum tergugat PT Aguafarm J Juntar Lumbangaol serta perwakilan Manajemen PT Aguafarm Nusantara.

Prayugo mengatakan tujuan sidang lapangan di desa Sirungkungon untuk melihat objek perkara perjanjian tahun 2008 antara PT Aguafarm dan warga Sirungkungon Toni Walker agar dapat di proses dipersidangan.

Pantauan Analisnews.com, kedua Majelis Hakim PN Balige memberikan kesempatan kepada kedua belah pihak baik kuasa hukum penggugat dan tergugat untuk menjelaskan letak objek perkara dan langsung meninjau tiga lokasi objek perkara sesuai dengan gugatan Toni Walker yakni di wilayah Sibalanja, Onan dan Bengkel yang ada di lokasi Karamba Jaring Apung PT Aguafarm Nusantara,

Hans Prayugo mengatakan situasi sidang lapangan sama dengan di ruang persidangan namun sidang lapangan hanya melihat dan memastikan gugatan objek perkara oleh pengugat ke lokasi dan mendengar penjelasan dan keterangan dari kedua kuasa hukum tergugat dan penggugat.

“Pemeriksaan tempat ini tidak ada namanya menentukan ini milik A atau B, hanya melihat dan mengukur serta memastikan objek perkara gugatan yang diajukan pengugat Toni Walker terhadap tergugat PT Aguafarm di desa Sirungkungon,” katanya.

Prayugo mengatakan kepada kedua belah pihak agar menghadiri persidangan Jumat (5/7) di PN Balige dengan menghadirkan dua saksi dan mengumpulkan bukti-bukti serta berterimakasih kepada kedua belah pihak karena sidang pemeriksaan tempat objek perkara berjalan lancar dan kondusif.

Sementara kuasa hukum Toni Walker, Arimo Manurung SH berharap agar majelis hakim adil dan bijak untuk membuat keputusan nantinya.

Yang mana Masyarakat Desa sirungkungon berharap melalui pengadilan ada keadilan sesuai fakta-fakta lapangan maupun fakta-fakta hukum di dalam persidangan yang mana keputusan dapat menghentikan atau dalam kata lain mengusir PT. Aquafarm khususnya dari desa Sirungkungon

“Kami juga Warga desa sirungkungon tidak mau lagi ada KJA Milik Aquafarm di danau toba dan kami juga berharap dan membuka hati masyarakat yang mana wilayahnya dipakai untuk operasional PT. Aquafarm agar bersama-sama melakukan hal yang sama dengan kami untuk membersihkan Perusahaan peyumbamg limbah ke danau toba agar danau toba kembali seperti sedia kala yang bersih dan ramah untuk semua orang yang berkunjung ke danau toba.dimana Danau Toba ini Sudah menjadi prowitas pemerintah pusat menjadikan Destinasi Pariwisata bertaraf internasional,” ucap Arimo Manurung.SH. (7TG)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed