Dirgahayu RI-74,Sanggar Budaya Manggarai (SBM) Makassar Mengadakan Festival Budaya Manggarai

  • Whatsapp
Spread the love

ANALISNEWS, MAKASSAR-Sanggar Budaya Manggarai (SBM)  Makassar menggelar Festival Budaya (FBM) dalam rangka memeriahkan Hari ulang tahun NKRI yang ke-74 di Lapangan SMA hasanudin,Gowa pada, sabtu-Minggu(17-18/08/2019).

Latar belakang mengadakan kegiatan Festival Budaya Manggarai ini tidak terlepas menyambut HUT NKRI yang ke-74 yang diselenggarakan di Kabupaten Gowa propinsi Sulawe Selatan.

\\\”Kami bangga dengan diadakannya kegiatan festival ini, kami melaksanakannya kami ingin menunjukkan kepada semua Masyarakat Manggarai baik yang ada di Tanah perantauan maupun yang ada di Tanah Manggarai sendiri bahwa kami adalah Generasi Muda yang tidak pernah melupakan Budaya sebagai Warisan Leluhur kami, dalam go\\\’et Manggarai ( Neka hemong Mbate dise Ame, Serong dise Empo)\\\”Ungkap Romanus Jagu selaku ketua panitia.

Lebih lanjut Fransiskus Jebaru S.Pd Menjelaskan juga bahwa kami dari Sanggar Budaya Manggarai Makassar Mengadakan Festival Budaya Manggarai di Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan karena punya Dasar Sejarah antara Gowa dan Manggarai.

Frans juga menambahkan bahwa, tentu kami mengadakan bukan hanya SBM Sendiri saja, Tetapi kami mengundang Bapak Wakil Bupati Kab. Gowa dan kami mengangkat Beliau sebagai \\\”Ame Titong\\\” kami, yang artinya Dia adalah orang Tua kami yang selalu mendidik kami dari segala hal karena kami memiliki garis Sejarah yang sama.

\\\”kami Juga Memiliki tamu Terhormat kami juga sebagai Meka landang adalah Kerukunan Keluarga Besar Kabupaten Manggarai Timur Makassar Yang diketuai oleh bapak Marsel Hadu\\\” Tambah Frans

\\\”Harapan kami bahwa semua Orang Manggarai  dimanapun berada, harapannya bahwa kita tetap Melestarikan Budaya Manggarai di mata seluruh Nusantara Indonesia maupun internasional\\\”Tutup Frans.

Pos terkait