oleh

Dinsos DKI Canangkan Senam “IMAX” bagi Lansia

ANALISNEWS, JAKARTA – Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta mencanangkan senam bagi lansia yakni IMAX (International Maumere Aging eXercise). Senam ini diiringi dengan lagu Gemu Famire dari Nusa Tenggara Timur, yang biasanya terdapat dalam senam Maumere.

Meski begitu, karena senam ini diperuntukkan bagi lansia, maka gerakan yang diadopsi tak hanya gerakan melatih fisik, melainkan gerakan senam otak menjadi bagian dari senam ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah saat membuka latihan senam IMAX dengan jajaran pegawai lingkup Dinsos DKI di Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (20/9/2019).

“Maumere ini kan musiknya asik. Tapi karena senam ini bagi lansia, maka gerakannya pun disesuaikan khusus lansia. Tak hanya kebugaran fisik, tapi juga senam otak, melatih keseimbangan motorik gerakan dan pikiran,” terang Irmansyah.

Gerakan-gerakan yang ada didalam Senam IMAX sendiri, dikembangkan oleh tim dari RS Pusat Otak Nasional. Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan RS Pusat Otak Nasional, Eka Musridharta mengungkapkan senam IMAX disusun untuk meningkatkan dan mempertahankan fungsi kognitif pada lansia dan pensiunan, dengan berlatarbelakang budaya Indonesia dan memperhatikan fungsi kerja otak.

Ia menjelaskan, manfaat senam IMAX diantaranya melatih hubungan otak-tubuh (brain-body connection), pembelajaran gerak (motor learning), integrasi sensoris, menyilang garis tengah tubuh (crossing the body midline), merayap dan merangkak (creeping dan crawling), pengamatan dan mengikuti jejak penglihatan (visual scanning dan tracking). “Jika kegiatan ini dapat diikuti dengan serius dan santai, maka dapat meningkatkan fungsi kerja otak,” terangnya.

Kegiatan ini merupakan kearifan lokal yang diangkat pada tingkat dunia. Rencananya, pada 27 Oktober 2019 mendatang, senam ini akan dilaunching dengan mengundang para lansia untuk turut serta dalam kegiatan tersebut. Nantinya acara ini akan tercatat dalam Guinness Book of Record, sebagai event motivasi untuk Age Friendly Jakarta dan “Bonding Time” bagi lansia maupun pensiunan.

Diharapkan senam ini menjadi kontribusi dari Indonesia kepada dunia yang bisa dimanfaatkan oleh lansia dan pensiunan dimanapun berada. (Mar) 

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed