GMNI dan PMII Manggarai Melapor Kasus Pungli Ke Polres Manggarai

  • Bagikan

ANALISNEWS- Ruteng Manggarai NTT, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Manggarai, mendatangi Polres Manggarai untuk melapor seorang warga bernama Paulus Pantung, karena diduga melakukan pungutan liar (Pungli) terhadap pedagang kuliner di Ruko Pasar Rakyat Ruteng.

Paulus dilaporkan oleh GMNI dan PMII karena diduga sering melakukan tindak pidana pungutan liar ( Pungli) terhadap 15 pedagang di area Ruko Pasar Rakyat Ruteng, jalan Gajah Mada, Kelurahan Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong. GMNI dan PMII melapor Paulus ke Polres Manggarai, Rabu (18/09).

GMNI dan PMII mengantongi barang bukti berupa Video pengakuan dari pedagang sebagai korban pungli. Terlapor, Paulus Pantung meminta uang kepada pedagang 400 ribu setiap bulannya, terlapor membuat surat kesepakatan dengan para pedagang untuk melanggengkan perbuatannya sejak bulan oktober tahun 2018.

Kepada wartawan ketua GMNI Cabang Manggarai Bung Rikardus Joman mengatakan bahwa laporan tersebut merupakan langkah untuk menjaga hak dari pedagang yang ada di pasar rakyat Ruteng.

“Dalam hal ini kami datang untuk melaporkan seorang warga dari Mbaumuku yang melakukan pungutan liar terhadap pedagang di Ruko pasar rakyat Ruteng. GMNI dan PMII bermaksud untuk mengkawal hak dari pedagang,” kata ketua GMNI Manggarai, Rabu (18/09).

Joman juga berharap, pihak kepolisian secepatnya memanggil terlapor untuk diperiksa dan melakukan penyelidikan.

“Selanjutnya kami percaya kepada teman-teman kepolisian untuk melakukan penyelidikan terhadap terlapor,” tegasnya.

Senada juga disampaikan oleh ketua PMII Cabang Mangarai, Safrudin Ruslan mengatakan PMII dan GMNI akan selalu mengkawal kasus ini. selanjutnya Ruslan berharap agar secepatnya pihak kepolisian melakukan pemeriksaan.

“Kami dari kedua organisasi meminta agar pihak Polres segera memanggil terlapor, kami juga berharap agar teman-teman media sama-sama mengkawal kasus ini,” tutup Ruslan, Rabu (18/09).

  • Bagikan