oleh

1.000 Pesilat Unjuk Kemampuan di Kampung Silat Rawa Belong

ANALISNEWS, JAKARTA – Bagi masyarakat Jakarta mendengar nama Rawa Belong pastinya akan terpikir nama legenda pendekar Betawi, Si Pitung.

Tak hanya Si Pitung, dua hal yang cukup dikenal dari Rawa Belong adalah silat dan bunga.

Dan pada hari ini Sabtu 12 Oktober 2019, kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat menggelar kegiatan seni budaya bertajuk “Kampung Silat Rawa Belong”.

Acara ini mengundang hampir 200-an perguruan silat yang ada di wilayah Rawa Belong dan sekitarnya dengan berbagai jurus yang mereka miliki khusus di Rawa Belong jurus silat yang  sudah sangat melegenda adalah “cingkrik” yang konon katanya jurus ini warisan para leluhur penduduk asli Rawa Belong.

Terlepas dari cerita asal usul jurus Cingkrik tadi, Bahtiar selaku ketua seksi acara di pagelaran itu, mengatakan bahwa acara itu merupakan impian masyarakat Rawa Belong sejak lama.

“Akhirnya hari ini sudah terealisasi dan juga pemerintah dalam hal ini Pemprof DKI mendukung acara ini agar diadakan rutin setiap tahunnya,” ujar Bahtiar yang tak lain sebagai pemilik Sanggar Si Pitung Rawa Belong.

Dia berharap, pagelaran ini sekaligus alat atau simbol untuk menyatukan ratusan aliran pukul (jurus) yang ada di Jakarta.

”Jadi kalau di Rawa Belong itu biar menjadi pemersatu dari aliran- aliran jurus silat yang ada di tanah Betawi,” terang Bahtiar lagi.

Senada dengan Bahtiar, M.Rifki atau yang biasa di panggil Eki Pitung selaku Ketua Umum Ikatan Silat Betawi Indonesia dan juga Wakil Ketua Umum Badan Musyawarah Betawi (BAMUS), menjelaskan kalau di Rawa Belong adalah daerah asal tokoh Betawi, Si Pitung.

“Jadi  wajar saja hari ini dijadikan sebagai sebuah momentum kampung silat,” jelas Rifki.

Gelaran seni silat tradisional ini dilangsungkan di Jalan Raya Rawa Belong dengan dihadiri oleh sejumlah masyarakat yang menyaksikan ataraksi pertunjukan silat tradisional ini, serta  terdapat beberapa jajanan kuliner khas Betawi yang di jajakan di tenda-tenda.

Pembukaan acara ini dimulai dengan penampilan dari para jawara-jawara (guru senior silat) se Jabodetabek salah satunya Daman Sada dari Bekasi sempat memamerkan beberapa jurusnya.

Mewakili pemerintah DKI dalam hal ini hadir Fahira Idris selaku anggota DPD DKI periode 2019 -2024.

Dalam keterangannya ia mengatakan sangat bangga khususnya kepada masyarakat Rawa Belong dari berbagai elemen yang sudah mendukung terselenggaranya acara ini.

“Mudah-mudahan ini menjadi getok tular untuk seluruh wilayah DKI, semakin banyak kampung silat-kampung silat lainnya, karena dengan banyaknya kampung silat insya allah narkoba hilang, miras tidak ada lagi dan kejahatan berkurang,” Imbuh Fahira.

“Saya melihat di Rawa Belong ini sebagai tempat kumpulan silat terbanyak yang ada di DKI dan saya berharap semoga ini menjadi tempat budaya yang kedepannya bisa saja para turis- turis yang ingin mengetahui tentang silat serta belajar silat datang ke Rawa Belong ini. Ke depannya acara ini akan menjadi agenda tahunan dan saya sangat berterimakasih sekali  lagi kepada para warga yang dengan sukarela jalannya ditutup demi kelancaran dan kesuksesan acara ini,” tutup Fahira. (Hel) 

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed