oleh

Usia Lebih 56 Tahun, LSM Penjara Dukung KASN Batalkan Pelantikan Kepala Disperindag Kutim

-Berita, Daerah-1.381 views

ANALISNEWS, KUTAI TIMUR – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah mengeluarkan surat rekomendasi pembatalan hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur (Kutim).

Rekomendasi itu benomor surat : B-3273/KASN/10/2019 dan ditujukan kepada Bupati Kutim Ismunandar, pada (4/10/2019) lalu.

Dalam rekomendasi tersebut, dijelaskan proses seleksi yang tidak sesuai aturan main karena usia bersangkutan lebih 56 tahun. Informasi ini pun tersebar di media sosial, hingga menuai tanggapan publik, tak terlecuali Ketua LSM Penjara Indonesia DPC Kutim Supiansyah, Sp.

“Kami mendukung KASN agar Bupati Kutai Timur segera menjalankan rekomendasinya,” terang Supiansyah, Selasa, (15/10/2019).

Selain rekomendasi KASN, pria yang karib disapa Bimbim ini juga menegaskan agar pemerintah daerah segera menevaluasi kinerja tim Pansel yang sudah ‘kecolongan’ dalam proses administrasi seleksi terbuka JPT.

“Kami merekomendasikan agar selain menganulir atau membatalkan pelantikan JPT Pratama Kepala Dinas yang dimaksud, juga kinerja tim Pansel segera di audit dan di evaluasi. Kami melihat begitu banyak pelanggaran yang dilakukan tim selama menjalankan tugas nya,” tutur Supainsyah.

Padahal, lanjut Supiansyah, dalam berbagai kesempatan, kepala BKD Kutim cukup jelas menyatakan bahwa peserta atau pendaftar yang saat ini usia nya sudah 56 tahun bahkan lebih, secara otomatis gugur dari persyaratan.

“Tetapi, nyatanya tetap saja ada beberapa oknum peserta yang dengan usia sudah lewat, tapi tetap diloloskan. Padahal aturan sudah jelas,” katanya.

Supiansyah mengatakan, berdasarkan Pasal 107 huruf c angka 6 PP No 11 Tahun 2017, jelas ditetapkan bahwa untuk diangkat menjadi JPT Pratama usia setinggi-tingginya 56 tahun sejak penetapan dan pelantikan.

“Ini ada apa?, tahu aturan tapi masih melanggar?,” pungkasnya.

Ada beberapa poin dalam surat rekomendasi KASN. Poin pertama, mengacu angka 3 pada surat rekomendasi KASN nomor B 3273/KASN/10/2019 tanggal 20 September 2019 prihal: Rekomendasi hasil seleksi aterbuka JPT Pratama di Pemkab Kutim berdasarkan Pasal 107 huruf C angka 6 PP No 11 Tahun 2017 ditetapkan bahwa untuk menjadi JPT Pratama usia setinggi-tingginya 56 tahun sejak penetapan dan pelantikan.

Maka kami tegaskan kembali kepada saudara agar pada saat menetapkan dan melantik 1 dari 3 besar hasil seleksi tersebut agar memperhatikan batas usia pelamar sebagai mana yang telah ditetapkan pada perundang-undangan tersebut yaitu 56 tahun 0 bulan pada saat penetapan dan pelantikan.

Selanjutnya, karena terdapat ketidaksesuaian rekomendasi hasil seleksi yang dikeluarkan KASN dengan hasil pelantikan dan tidak sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Bersama dengan ini kami menegaskan dan merekomendasi agar membatalkan pelantikan JPT Pratama Kepala Disperindag yang dimaksud dan agar segera dilakukan sampaikan kepada KASN pada kesempatan pertama.

Surat tersebut di tandatangani oleh Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto. Kemudian ditembuskan  ke Kemendagri, Menteri PAN-RB, Kepala BKN, Gubernur Kaltim, dan Kepala Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin.

Sementara itu, Zaini, Kadisperindag Kutim yang baru saja dilantik belum memberikan tanggapan apapun. “Saya masih dinas luar. Masih di Balikpapan,” kata Zaini. (*)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed