oleh

Anies Baswedan Terpilih Sebagai Ketua APPSI Periode 2019-2023

Anies Baswedan Terpilih Sebagai Ketua APPSI Periode 2019-2023

ANALISNEWS, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungguli dua calon lainnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor melalui pemilihan tertutup dalam Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia  (Munas APPSI) di Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).

“Munas APPSI selesai diakhiri dengan penyusunan program kerja sama. Sesudah penyusunan progker baru pemilihan ketua. Nah, teman-teman di APPSI para gubernur mempercayakan saya untuk menjadi Ketua APPSI 2019-2023,” kata Anies Baswedan yang juga Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut Anies, posisi jabatan sebagai ketua umum ini merupakan sebuah kehormatan. Dia menganggap ini sebagai titipan yang akan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Dan saya sampaikan kepada semua ini adalah sebuah kehormatan dan saya sampaikan, ini saya istilahkan fardhu kifayah, kalau sudah ada yang mengerjakan saya terbebas, tapi karena dititipkan saya insyaallah akan jalankan dengan sebaik-baiknya,” terang Anies.

Anies menjelaskan tugas pertama yang akan dilakukan setelah menjabat sebagai ketua umum adalah membentuk tim formatur. Tim ini yang kemudian akan menyusun kepengurusan APPSI nantinya. Kemudian kepengurusan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Nah tugas saya yang pertama adalah membentuk tim formatur tim. Formatur ini kemudian nanti akan menyusun kepengurusan. Nanti kepengurusan akan dikukuhkan oleh Bapak Presiden,” terang Anies.

APPSI sendiri merupakan wadah bagi para gubernur untuk menyampaikan aspirasi daerah ke pemerintah pusat. Usulan formula baru dalam menghitung DAU dan DAK adalah salah satunya. Anies akan menawarkan formula tersebut kepada pemerintah pusat untuk kepentingan pembangunan daerah kepulauan. (*)

Loading...

News Feed