oleh

Lokasi PSBD Penuh Lumpur Mirip Kubangan Kerbau, Bupati Asahan Tetap Hadiri Pentas Budaya Karo  

ANALISNEWS, KISARAN – Di hari ketiga berlangsungnya acara Pentas Seni Budaya Daerah (PSBD) di Asahan, peserta Adat Karo turut memeriahkan dengan kehadiran Bupati Asahan H. Surya BSc di acara tersebut, Sabtu (23/11/2019).

Walaupun keadaan lokasi di sekitar PSBD penuh lumpur seperti kubangan kerbau, Bupati Asahan tetap hadiri kegiatan PSBD yang sangat dinanti-nanti masyarakat Kabupaten Asahan khususnya etnis Karo.

Kata sambutan dari ketua panitia etnis Karo IPDA. A Sinulingga yang didampingi Wakil dan Sekretaris mengatakan, bahwa di dalam suku Karo terdapat Margasilima, Karo Karo, Ginting, Tarigan, Sembiring, Perangin angin.

“Adat Budaya Karo akan meriahkan dengan sambutan tarian dan nyanyian untuk Bupati Asahan dan adat Karo akan memberikan Cindramata berupa Selendang Adat Karo secara simbolis,” kata A Sinulingga.

A Sinulingga mengharapkan, budaya Karo akan dilestarikan dan digali kembali agar tidak hilang, khususnya kepada remaja remaja juga akan diajarkan bahasa Karo, agar tidak canggung ketika pulang kampung halaman.

“Khusus kepada remaja muda, budaya, bahasa Karo akan kami ajarkan, biar tidak canggung saat pulang kampung halaman. Dan budaya akan kami lestari kan agar tidak hilang, pungkas nya.

Selanjutnya, kata sambutan dari Ketua Panitia PSBD Asahan, IPTU Rianto SH. MAP menjelaskan, bahwa dirinya sangat bangga dan senang untuk adat etnis Karo yang meriah di acara malam ini.

“Mari kita bersama-sama menikmati persembahan tarian Adat Karo, dan saya sangat berterima kasih kepada masyarakat Asahan yang ramai berkunjung untuk memeriahkan acara ini sampai hari ketiga,” kata IPTU Rianto.

Disamping itu, Bupati Asahan H. Surya B.Sc, dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih sebanyak banyaknya kepada etnis karo yang telah memberi Nya kesempatan dalam memberikan kata sambutan.

“Saya mengimbau kepada kita semua seluruh masyarakat Kabupaten Asahan marilah kita menyaksikan setiap malamnya, penampilan-penampilan Seni dan Budaya dari 14 etnis pagelaran pentas seni dan budaya yang di adakan perdua tahun sekali,” kata Bupati Asahan.

Dengan penuh harapan, Bupati Asahan menyampaikan kepada seluruh ketua etnis, agar selalu menjaga kelestarian budaya dan seni.

“Dan saya berpesan setiap pelaksanaan event- event harus dapat ditingkatkan lagi dari pagelaran sebelumnya,” ujar Bupati Asahan.

Diakhir sambutannya, Bupati Asahan menegaskan, bahwa pemerintah kabupaten asahan akan mendukung penuh untuk kegiatan PSBD ke 4, tahun 2019.

“Kita semua akan menjaga karya-karya seluruh adat bangsa Indonesia yang tercinta ini,” kata H Surya. (A.A)

News Feed