oleh

Bupati Tegal Hj. Umi Azizah Resmikan Desa Wisata Sawah Batu Bukateja

ANALISNEWS, TEGAL – Bertempat di lokasi Wisata Sawah Batu Bukateja Kecamatan Balapulang,Tegal, Sabtu (30/11/2019) Bupati Tegal Hj. Umi Azizah meresmikan obyek wisata baru Sawah Batu. Setelah sebelumnya launching Desa Wisata Gunung Rangkok Desa Pagerwangi yang letaknya cukup berdekatan.

Acara yang berlangsung dari Pukul 20.00 WIB, dimeriahkan oleh Pentas Seni Overa Van Bukateja, group band lokal, tarian dan qosidahan.

Hj. Umi Azizah atas nama Pemkab Tegal menyambut baik inisiatif Kepala Desa Bukateja dalam mengelola potensi sumberdayanya yang tidak hanya mengandalkan sektor pertanian akan tetapi juga melirik peluang sektor parawisata untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokalnya.

Lebih jauh Umi mengatakan, pemanfaatan dana desa sekarang tidak hanya didominasi pembangunan prasarana infrastruktur dan fasilitas publik yang cenderung masih terbatas, tetapi desa sekarang secara simultan mau mengalokasikan sumberdaya pembangunannya untuk mengembangkan usaha produktifnya disamping memberdayakan masyarakatnya untuk menuju kemandirian.

Dalam wawancaranya dengan AnalisNews, Kasi Kebudayaan dan Permusiuman Kab. Tegal, Mulyo Badawi menjelaskan, kebudayaan merupakan rohnya parawisata, karena itu menurutnya mengembangkan parawisata mesti menggali potensi masyarakat, seperti misalnya kuliner, kerajinan yang mana hasilnya dikembalikan kepada masyarakat  dalam bentuk peningkatan kesejahteraan.

Destinasi wisata Sawah Batu Bukateja, selain menawarkan sajian kuliner yang khas juga menawarkan keindahan panorama persawahan dan kesejukan alamnya, juga cara transaksi yang unik mirip Pasar Slumpring, yaitu penukaran koin. Kalau di Slumpring menggunakan koin bambu, di Sawah Batu menggunakan koin yang terbuat dari tanah liat yang sudah dibakar. (Andi Irianto)

Loading...

News Feed