oleh

Pencak Silat Resmi Jadi Warisan Budaya Dunia, Ini Tanggapan Eki Pitung

ANALISNEWS, JAKARTA – Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) mengadakan sidang pada tanggal 9-14 Desember 2019 di Bogota, Kolombia.

Dalam sidang itu, Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO telah memasukkan Tradisi Pencak Silat yang menjadi usulan Indonesia ke dalam Daftar Perwakilan dari Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan.

“Telah ditetapkan Hari Kamis, 12 Desember 2019, jam 9.59 pagi Waktu Bogota Colombia Latino Americana atau jam 21.59 WIB oleh Pimpinan Sidang Komite Madam Maria Claudia Lopez Sorzano selaku Wakil Menteri Kebudayaan dan Rekreasi Colombia,” kata Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly dalam pesan singkatnya di Jakarta, Kamis (12/12/2019) malam.

Secara luas Pencak Silat dikenal sebagai jenis seni bela diri, Pencak Silat sejatinya merupakan salah satu tradisi yang ada di Indonesia dan telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Terdapat empat aspek yang ada pada Pencak Silat yaitu mental-spiritual, pertahanan diri, seni dan olahraga. Nilai, makna dan filosofi yang terkandung itu menjadikan tradisi bela diri Indonesia itu sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia yang patut dilestarikan dan diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Terkait hal tersebut, Ketua Ikatan Silat Betawi Indonesia Jaya (ISBI JAYA)  M. Rifki mengaku sangat senang dan memberi apresiasi.

“Kita semua sebagai Penggiat Silat khususnya Silat Tradisi menyambut baik keputusan ini dan sangat mengapresiasinya,” ujar pria yang akrab disapa Eki Pitung itu, Jumat (13/12/2019).

Eki yang juga menjabat Wakil Ketua Umum I BAMUS Betawi itu berharap ke depannya dan masa depan dunia Persilatan akan lebih baik dan tambah di akui dunia.

“Dengan demikian bisa menjadi alat untuk mempromosikan kearifan lokal asli Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, dengan ditetapkannya Pencak Silat menjadi Warisan Budaya dunia oleh UNESCO, membuktikan bahwa Bahwa Silat sebagai Warisan Budaya Asli Indonesia.

“Sebelumnya khawatir bisa diklaim negara Asia yang juga memiliki Silat seperti Malaysia, Brunei dan negara-negara tetangga lain,” tambahnya. (Hel)

News Feed