oleh

Kabaharkam Polri dan KKP Bahas Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

ANALISNEWS, JAKARTA – Dalam rangka membahas masalah kesejahteraan masyarakat pesisir, Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto melakukan audiensi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo di Gedung Mina Bahari (GMB) 4 lantai 16 kantor Kementerian Kelautan dan Perikananan Jakarta baru-baru ini.

Audiensi ini terkait dengan sinergitas tupoksi Baharkam Polri dengan KKP khususnya menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Republik Indonesia dalam mendukung program prioritas dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat pesisir guna mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Komjen Agus Andrianto mengatakan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia adalah terdiri dari lautan dan memiliki potensi kelautan cukup besar, dengan potensi yang dimiliki tersebut seharusnya dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat nelayan yang menggantungkan hidup pada potensi kelautan (maritim) tersebut.

“Namun kenyataannya, kehidupan masyarakat nelayan senantiasa dilanda kemiskinan, bahkan kehidupan nelayan sering diidentikkan dengan kemiskinan . Tingkat kesejahteraan para pelaku perikanan (nelayan) pada saat ini masih di bawah sektor-sektor lain, termasuk sektor pertanian agraris,” ucapnya.

Perhatian terhadap kawasan pesisir tidak hanya didasari oleh pertimbangan pemikiran bahwa kawasan itu tidak hanya menyimpan potensi sumber daya alam yang cukup besar, tetapi juga potensi sosial masyarakat yang akan mengelola sumberdaya alam tersebut secara berkelanjutan.

Menurut mantan Kapolda Sumut ini, potensi masyarakat ini sangat penting karena sebagian besar penduduk yang bermukim di pesisir dan hidup dari pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan tergolong miskin.

“Permberdayaan masyarakat pesisir diharapkan dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat, sehingga situasi kamtibmas juga dapat dijaga,” tutup Agus Andrianto. (*)

News Feed