Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Adakan Rakor Pencegahan dan Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp

ANALISNEWS, LABUHAN BATU – Pemeritah Kabupaten Labuhan Batu adakan Rapat Kodinasi (Rakor), dipimpin langsung oleh Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe, ST., MT. Rapat belangsung di ruang data kantor Bupati Labuhan Batu, Sumtera Utara, Kamis (26/03/2020).

Bupati Labuhan Batu Andi Suhaimi Dalimunthe, ST., MT., mengajak kepada semua instansi yang ada agar selalu mensosialisasikan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

Muat Lebih

“Saya sebagai Bupati memerintahkan kepada selulu Kepala OPD Kabupaten Labuhan Batu agar selalu mensosialisasikan pencegahan dan penyebaran Covid-19 yang menakutkan masyarakat, beri penjelasan dan pengertian kepada masyarakat agar seluruh masyarakat tidak was-was dengan virus ini karena kita tetap berupaya mencegah penyebarannya dan kami akan selalu berupaya agar virus tersbut tidak ada tempat untuk berkembang,” jelasnya.

Bupati juga memerintahkan kepada seluruh camat agar selalu berkoodinasi dengan lurah dan kepala desa. “memonitor warganya yang keluar masuk, baik dari ibu kota mau pun dari luar negeri,” tegasnya.

Rakor dihadiri Bupati Labuhan Batu Andi Suhaimi Dalimunthe, ST., MT., Kapolres Labuhan Batu Agus Darojat, SIK., MH., Dandim 0209/LB Let Kol Infantri Santosa, Diretur Rumah Sakit Umum Rantau Prapat dr Syafril Harahap, seluruh Kepala OPD, seluruh Kepala Puskesmas dan Camat yang ada di Kabupaten Labuhan Batu.

Dalam kesempatan itu Kapolres Labuhan Batu Agus Darojat, SIK., MH., menjelaskan bahwa polisi akan selalu mensosialisasikan pencegahan dan penyebaran Covid-19. “Melalui Polsek-polsek dibawa ke pemimpinan saya, kepada masyarakat kabupaten Labuhan Batu agar selalu mencuci tangan dengan tepat dan menghindari perkumpulan orang-orang jadi Covid-19 tidak akan bisa berkembang di kabupaten yang kita citai bersama,” terangnya.

Ditempat yang berbeda Kepala Direktur Rumah Sakit Umum Rantau Prapat mengatakan bawah pihaknya telah menyediakan 29 Alat perlindungan Diri (APD) sepeti masker penutup mulut dan hidung helm, jas hujan. “Dari hasil pemeriksaan kami, Covid-19 masuk ke tubuh kita melalui mulut hidung,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Ilham Kamal mengatakan, pihaknya telah melakukan penyemprotkan disinfektan ke sarana umum yang ada Rumah Ibadah, kalapas Labuhan Batu dan sarana umum lainnya. “Kita juga memiliki daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 29 orang seperti di Kecamatan Rantau Utara 5 orang, Rantau Selatan 10 orang, Kecamatan pangkatan 7 orang, Bilah Hilir 5 orang dan Desa Teluk Sentosa 2 0rang,

“Dari 29 orang tersebut setelah kami periksa kondisinya sehat dan tidak ada tanda-tanda terindikasi Covid-19,” terangnya.

Dalam hal ini Dinkes menjelaskan, akan tetap mamantau masyarakat yang kembal dari luar daerah dan luar negeri. “Kami juga telah mendapat laporan bahwa di Desa Lingar Tiga telah di kembalikan orang tuanya sejumlah 17 mahasiswa dan sampai hari ini kami masih mencari dimana keberadaanya karena ini untuk pemeriksaan lebih lanjut,” terang Kepala Dinas Kesehatan.

“Semoga dengan diadakan ‘Rapat Kordinasi’ lebih dapat meningkatkan kewaspadaan kita dalam pencegahan dan perkembangan Covid-19,” pungkasnya. (Sarumin)

Pos terkait