Virus Corona Menjadi Trending Topik Hinga Pelosok Desa, Ini Tanggapan Masyarakat Pacitan

  • Whatsapp

ANALISNEWS, PACITAN – Wabah virus Corona yang baru-baru ini muncul dalam hitungan hari langsung melejit hinga ke pedesaan yang ada di Kabupaten Pacitan, warga yang tinggal di pedesaan pun seakan-akan dihantui virus tersebut padahal sebenarnya mereka sendiri tidak tau apa itu virus Corona yang sesungguhnya.

Hendro warga yang tinggal di wilayah Pacitan daerah pedesaan saat dijumpai AnalisNews di salah satu warung kopi yang ada di kawasan Pantai Soge Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan, Kamis (19/03/2020) sore mengatakan bahwa dirinya dan masyarakat kecil yang kerjanya hanya bertani sebenarnya tidak tahu menahu mas apa itu Corona. “Cuma saat lihat berita di televisi, media-media online semuanya kebanyakan membahas tentang virus Corona, bahkan dimana tempat pun semua warga membahas Corona sehinga hal tersebut terkesan menjadi momok yang menakutkan,” kata Hendro.

Muat Lebih

Sementara itu Irul (28) pemuda asal Kecamatan Ngadirojo juga mengatakan hal yang sama. “Dimana tempat ngak di pasar, warung maupun di sawah semua warga topiknya hanya membahas virus Corona, padahal saat saya tanya opo to kui virus corona kok dibahas wae (apa sih itu virus corona kok dibahas terus), jawab warga ngak tahu katanya orang-orang sih virus bahaya bisa mengakibatkan kematian,” ucap Irul menirukan warga.

Di lain tempat, Joko (45) warga asal Kecamatan Tulakan justru menyayangkan dan prihatin nasib para pedagang di seputaran Pasar Tulakan sebab gara-gara virus Corona para pedagang yang berjualan di Pasar Tulakan gigit jari. “Bagaimana tidak barang dagangan yang mereka jual sepi pembeli, karena para pembeli yang dulunya memenuhi Pasar Tulakan akibat ketakutan dengan virus Corona mereka seakan-akan engan untuk ke pasar,” pungkasnya.

Dari hal tersebut wartawan AnalisNews Perwakilan Pacitan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik atau berlebihan menanggapi masuknya Covid-19 atau Corona.

“Yang penting kita menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya sebab dari beberapa ahli kesehatan yang dihimpun AnalisNews terkait virus Corona menjelaskan bahwa virus Corona hanya dapat ditularkan melalui cairan yang keluar dari mulut saat bersin atau batuk. Cairan tersebut dapat menjadi pemicu penyebaran virus mematikan jika berasal dari individu yang telah terinfeksi,” terang AnalisNews. (Yuan)

Pos terkait