Sat Reskrim (Timsus Gurita) Polres Tanjung Balai Amankan Residivis Spesialis Pencuri Tiga Kasus Pidana

  • Whatsapp

ANALISNEWS, TANJUNGBALAI – Sat Reskrim Polres Tanjungbalai berhasil amankan pelaku tindak pidana spesialis pencurian, bahkan tersangka mantan narapidana/residivis kasus pencurian dalam Pasal 363 KUHP.

Dikatakan Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira, SIK.,MH., tersangka berinisal AA ditahan dalam tiga kasus yang berbeda, berikut rincian kasusnya:

Bacaan Lainnya

1. LP / 77 / 2020 Pada hari Minggu tanggal 29 Maret 2020 sekira pukul 15.00 WIB di Jalan MA Musa link I Kecamatan Datuk Bandar pada saat handphone sedang dipegang oleh anak korban di depan rumah korban tiba-tiba tersangka datang naik sepeda motor, turun dan langsung menarik handphone  yang berada dalam genggaman anak korban dan lansung lari dengan menaiki sepeda motor, atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian Rp2.800.000,-.

2. LP / 79 / 2020 Pada hari Sabtu sekira pukul 17.00 WIB, di Jalan DI Panjaitan Kelurahan Baru, tersangka memanggil korban yang sedang lewat kemudian tersangka meminjam sepeda motor korban merk Honda Supra Fit warna hitam dengan alasan untuk pulang ke rumah, setelah diberikan, kemudian tersangka melarikan sepeda motor tersebut. Dari kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp7.000.000,-(tujuh juta rupiah).

3. LP/18/2020 Pada hari Senin tanggal 16 Maret 2020  sekira pukul 22.00 WIB di rumah pelapor, perumahan Esha Permai Link III Kelurahan Pantai Johor Datuk Bandar Pelapor sedang tidur sedangkan posisi sepeda motor Honda Vario warna merah di parkir di ruang tamu dengan posisi kunci septor tersebut lengket (tidak di cabut). Keesokan harinya, Selasa tanggal 17 Maret 2020 sekira pukul 00.00 WIB pelapor bangun dan melihat pintu depan rumah pelapor telah terbuka, lalu pelapor menyadari bahwa sepeda motor pelapor, handphone android, telah hilang dari dalam rumah pelapor kemudian pada hari Rabu tanggal 18 Maret 2020 pelapor  mendatangi Polsek Datuk Bandar Tanjungbalai untuk membuat pengaduan. Kerugian korban Rp22.800.000,-.

Putu Yudha menjelaskan, tersangka berhasil diamankan pada hari Sabtu tanggal 04 April 2020 sekira pukul 13.00 WIB, di Jalan Garuda Kelurahan Beting Kuala Kapuas, Kota Tanjungbalai.

Penangkapan AA bermula dari laporan masyarakat yang menghubungi Polres Tanjungbalai bahwa ada seorang laki-laki yang tenggelam di sungai Asahan, tepatnya di Sungai PT Timur Jaya.

Polres Tanjungbalai dan piket Sat Reskrim turun ke TKP dan menolong seorang laki-laki yg mana pada kedua kaki betis depannya ditemukan luka, diakui katanya tertusuk, setelah dipertanyakan kepada laki-laki tersebut bahwa kedua kakinya luka karena dipukul kayu yang ada pakunya oleh beberapa pemuda di PT Timur Jaya.

Lebih lanjut Putu Yudha menjelaskan, ia lari ke tepi sungai menghindari kejaran pemuda tersebut, kemudian ia berniat akan berenang menyeberang ke Pantai Singguan namun pada saat di tengah sungai kakinya mengalami kram sehingga tidak bisa digerakkan, kemudian diselamatkan warga dan personil membawa ke RSU Tengku Mansur Kota Tanjungbalai.

Sebelumnya tersangka sempat diberikan pertolongan medis setempat, sesampai di rumah sakit dikenali bahwa laki laki tersebut adalah AA alias Ali Keriting merupakan DPO/tersangka dari perkara yang di tangani Sat Reskrim pada tanggal 31 Maret 2020 dengan tersangka sebelumnya SH alias Adam yang sebelumnya ditahan di RTP Polres Tanjungbalai dalam perkara pencurian dengan pemberatan dan penipuan penggelapan roda dua.

“Selanjutnya tersangka tersebut diamankan dan dilakukan pengembangan dan ditemukan barang bukti berupa dua unit sepeda motor dan teve Changhong 24 inci,” terang Putu Yudha.

Kemudian tersangka di bawa ke Polres Tanjungbalai guna proses penyidikan lebih lanjut. (ES)

Pos terkait