Dengan Adanya Pelayanan KB, Kodim 1004/Kotabaru Mendukung Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

  • Whatsapp

ANALISNEWS, KOTABARU, KALSEL – Dalam rangka Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-72, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (D3PA2P-KB) kotabaru bersama Kodim 1004/Kotabaru menggelar pelayanan KB serentak sejuta Akseptor.

Acara diselenggarakan di Aula Makodim 1004/Kotabaru, di Desa Dirgahayu kecamatan Pulau laut utara, Senin (29/6), dengan menerapkan protokol kesehatan, dimana para Akseptor KB di periksa dengan suhu tubuh dan Rapid test.

Kepala Dinas PPPAPP dan KB Kotabaru, drg. Cipta Waspada dalam sambutannya menyampaikan bahwa ia dan jajarannya mengucapkan terimakasih kepada Kodim 1004/Kotabaru dan peserta KB sejuta Akseptor yang telah bekerjasama dan mendukung pelaksanaan kegiatan acara ini. kegiatan ini diharapkan untuk target KB sejuta Akseptor dapat tercapai dengan baik.

“Kegiatan KB dilakukan secara serentak dengan sejuta Akseptor ucap drg Cipta melanjutkan, supaya tetap berjalan. walaupun dimasa pandemi Covid-19 dan masa transisi new normal, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan covid-19,” ujarnya.

Untuk target KB suntikan sudah disiapkan sebanyak 107 buah, untuk kontrasepsi sebanyak 2.431 buah, dan kami juga menyiapkan sedikitnya dua (2) puskesmas untuk melayani peserta KB Akseptor tersebut,” jelas drg Cipta.

Dalam kesempatan itu juga, Komandan Kodim 1004/Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto, S.Sos., melalui Kasdim 1004/Kotabaru Mayor Inf Samsul Kusairi, S.Ag menyampaikan bahwa Satuan Kodim 1004/Kotabaru sangat mendukung dengan kegiatan pelayanan KB secara serentak sejuta Akseptor yang digelar dalam rangka Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-72 ini.

Oleh karena itu, ucap Kasdim, tentunya harus mengikuti protokol kesehatan dalam kegiatan KB sejuta Akseptor, agar tetap produktif namun tidak positif Covid-19.

Dua anak cukup, dengan melalui program Keluarga Berencana (KB), Sehat dan Penuh pendidikan. hal ini tentu akan mengurangi resiko kematian, baik terhadap Ibu maupun sang bayi,” tandas Kasdim.

Kemudian acara kegiatan diisi dengan penyuluhan tentang Protokol kesehatan Covid -19 dengan narasumber dari Kes Kodim 1004/Kotabaru dan Penyuluhan Keluarga berencana (KB) yang dipaparkan oleh Koordinator Akseptor KB Pulau laut utara, Ir. Marsiana, serta dilakukan pemasangan Implan, IUD dan pembagian alat kontrasepsi.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kasdim 1004/kotabaru Mayor Inf Samsul Kusairi, Ketua TP PKK Kotabaru Hj.Fatma Idiana, Kepala Dinas PPPAPP dan KB drg. Cipta Waspada beserta staf, Ketua IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Dahlia, Kepala Puskesmas Dirgahayu drg. Adrian, Koordinator Akseptor KB Pulau laut utara Marsiana, Anggota Persit KCK Dim 1004/Kotabaru, dan Para pasein Akseptor. (zak)

Pos terkait