Guna Antisipasi Rawan Pangan Pemkab Garut Telah Menyiapkan Lahan Produktif Bagi Masyarakat

  • Whatsapp
upati Garut, H. Rudi Gunawan SH, MH, MA

ANALISNEWS, JABAR –  Dalam rangka mengantisifasi perihal persiapan atau antisipasi terjadinya kerawanan pangan di masyarakat. Pada saat ini pemerintah akan berencana untuk mempersiapkan lahan yang produktif demi masyarakat.

Pemerintah kabupaten (Pemkab Garut) sudah memikirkan dan merencanakan akan hal antisipasi kerawanan pangan tersebut. Dikatakan Bupati Garut, H. Rudi Gunawan SH, MH, MA., pada saat di wawancarai Analisnews, Jum’at, 26/6/20.

Beliau mengatakan, mungkin dalam hal khususnya untuk perencanaan antisipasi mengenai kerawanan pangan bagi masyarakat, jauh – jauh hari pihak pemkab Garut telah menyediakan lahan produktif dan itu semua di lakukan melalui penataan oleh Dinas Pertanian, namun sekarang ini pihak pemkab sedang menyoroti kapasita pangan yang ada di kabupaten Garut masih memadai,

“Kemungkinan besar untuk stok pangan kita boleh dikatakan aman, kalau kita kaji lebih dalam saat ini kapasitas dari pada pangan tersebut akan tercukupi untuk kebutuhan masyarakat,” ucap Rudi kepada Analisnews Jum’at (26/6/2020).

Disisi lain Rudi mengatakan bahwa menurutnya, ada beberapa jumlah lahan produktif  yang masih bisa menghasilkan pangan yang terbilang banyak, karena tanah di Kabupaten Garut ini sangatlah subur untuk menghasilkan tanaman seperti jagung, padi, holtikultura serta berbagai sayuran.

“Adapun yang menjadi persoalan di masyarakat yang ada di Kabupaten Garut, bukan kekurangan stok pangan namun pada saat ini, sangat minimnya atau adanya penurunan yang sangat sifnifikan. Yaitu daya beli masyarakat. Maka dari itu, pemerintah telah memberikan berbagai bentuk bantuan terhadap masyarakat melalui bantuan, BST, Bangub mauapun bentuk bantuan dari Bupati langsung.

“Mungkin dalam hal ini, kita akan berusaha dan berupaya untuk masyarakat dalam memberikan bantuan dengan cara penanganan yang serius, agar bisa memberdayakan perekonomian di masyarakat Garut,” pungkasnya. (Diasgar)

Pos terkait