Kabupaten Tapsel Mengikuti Peringatan HANI 2020 Secara Video Conference 

  • Whatsapp

ANALISNEWS, TAPSEL, SUMUT – Penyelenggaraan peringatan Hari Anti Narkotika International (HANI) tahun 2020 kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Peringatan di tahun ini digela secara video conference (Vidcon), mengingat adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia, bahkan di Indonesia.

Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Wakil Bupati (Wabup) H. Aswin Efendi Siregar bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) mengikuti Peringatan Hari Anti Narkotika International (HANI) Tahun 2020 dengan Vidcon di Kantor BNNK Tapsel, Jum’at (26/6/2020).

Adapun thema dalam peringatan HANI 2020, yaitu “Hidup 100 % Di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif, dan Bahagia Tanpa Narkoba”.

Peringatan ini dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin.

Dalam sambutan, Wapres RI, KH. Ma’ruf Amin menyampaikan, bahwa kita semua diperhadapkan pada musuh bersama Covid-19 dan Narkotika.

“Program aksi pencegahaan penyalahgunaan narkotika dalam melanjutkan program pemberantasan narkotika, agar seluruh pemangku kebijakan untuk melakukan aksi nasional,” jelas Wapres RI.

“Narkotika adalah kejahatan luar biasa jadi penanganannnya dibutuhkan aksi luar biasa,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini juga, Wapres RI KH. Ma’ruf Amin melaunching Portal aduan Narkoba BNN One stop service dan meresmikan program hidup 100%.

Kemudian selesai vidcon, Bupati yang diwakili Wabup Tapsel, H. Aswin Efendi Siregar, menyampaikan, peringatan HANI merupakan wujud keprihatinan sekaligus kepedulian terhadap ancaman narkoba.

Seperti kita ketahui bersama keberadaan BNNK Tapsel selalu eksis dalam memberikan hal yang positif terutama dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat akan bahayanya penyalahgunaan narkoba.

Untuk itu saya berharap agar penanggulangan narkoba dapat dilakukan secara konsisten, berkisinambungan, dan bersinergi dengan pemangku kepentingan begitu juga dengan masyarakat agar peredaran narkoba dapat musnah di bumi Tapanuli Selatan dan khususnya di Tabagsel, harapnya.

Lebih lanjut saya juga mengharapkan kepada BNNK Tapsel agar kiranya mempunyai Rumah Sakit Rehabilitasi untuk penyalahgunaan narkoba dan di Tapsel sendiri ada lahan yang cocok untuk dapat dibangun Rumah Sakit tersebut seperti di Simago-mago dan Aek Latong sehingga kita di Tabagsel tidak jauh lagi untuk melakukan rehabilitasi karena selama ini untuk melakukan rehabilitasi kepada penyalahgunaan narkoba harus dibawa ke Kabupaten Deli Serdang, terang Aswin.

Sedangkan untuk program Desa bersinar agar kiranya dapat ditampung di APBDes melalui anggaran dana desa sehingga program tersebut dapat dipergunakan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat yang ada di desa-desa agar desa tersebut bersih dari narkoba, kata Aswin.

Turut hadir pada secara tersebut Ketua DPRD KabupatenTapsel Husin Sogot Simatupang, Kapolres Tapsel AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, S.I.K, Kajari Tapsel Ardian, SH, Ketua PN Padangsidimpuan Lucas Sahabat Duha, SH, MH, Kepala BNNK Tapsel AKBP. Dra. Siti Aminah Siregar, Kasdim 0212/TS Mayor Inf. Dedi Iskandar dan Kaban Kesbangpol Hamdy S Pulungan. (*/Andi Hsb)

Pos terkait