Sempat Fakum Diawal Kepengurusan, Pengurus Sementara DPD KNPI Kabupaten Manokwari Akhirnya Dilantik

  • Whatsapp

ANALISNEWS, MANOKWARI, PAPUA BARAT – Sempat fakum diawal kepengurusan, pengurus sementara DPD KNPI Kabupaten Manokwari periode 2019-2021 akhirnya dilantik oleh Ketua KNPI Papua Barat di Aula KNPI Provinsi Papua Barat.

Sebelum terjadinya pelantikan, Sekretaris KNPI Papua Barat Jemi Liunsanda disela-sela acara gladi resik pelantikan DPD KNPI Kabupaten Manokwari mengatakan, proses pelantikan kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Manokwari paska pemilihan bung Gibzon Mandacan sebagai formateur terpilih pada musyawarah yang dilaksanakan pada beberapa waktu lalu ini sempat terhambat dikarenakan beberapa faktor.

Menurut Bung Jemi, banyak persoalan yang terjadi, selain persoalan atau faktor internal DPD KNPI Kabupaten Manokwari sendiri. Ada juga faktor eksternal seperti terjadinya polemik ditingkat Kepengurusan DPP KNPI pusat yang kemudian sangat berdampak pada KNPl tingkat provinsi maupun kabupaten kota.

“Namun semua proses berjalan baik, DPD KNPI Kabupaten Manokwari akhirnya bisa dilantik, walaupun diluar jadwal yang seharusnya yang dilakukan pada tahun lalu,” kata Sekretaris KNPI Papua Barat Jemi Liusanda.

Saat prosesi Pelantikan berlangsung, menepis isu miring yang tengah berkembang di Manokwari, Ketua KNPI Papua Barat menjelaskan bahwa Pelantikan Pengurus DPD KNPI Kabupaten Manokwari periode 2019-2021 ini tidak ada kaitan dengan unsur polotik yang tegah berkembang di Manokwari. Tetapi ini merupakan proses pelantikan yang tertunda yang sebenarnya sudah dilaksanakan tahun lalu, namun baru dilaksanakan hari ini.

“Proses pelantikan DPD KNPI Kabupaten Manokwari jangan dikait-kaitkan dengan isu politik Pilkada yang sedang memanas di Manokwari, proses pelantikan ini tidak ada kaitannya dan bebas unsur politik,” kata Ketua KNPI Papua Barat Sius Dowansiba saat melantik DPD KNPI Kabupaten Manokwari, Senin (22/6/2020).

Sius Dowansiba mengatakan, untuk berjalannya suatu organisasi dengan baik, maka yang pertama harus dilakukan adalah melepaskan dari semua unsur polotik praktis, apalagi ini organisasi kepemudaan. maka sangat diharapkan kepada seluruh Pengurus DPD KNPI Kabupaten Manokwari periode 2019-2020 nantinya agar dalam menjalankan nafas organisasi ini jangan digiring ke rana politik pratis. tetapi harus tetap berjalan dan berada direl yang seharusnya dalam membina dan membangun kepemudaan di Kabupaten Manokwari.

Dengan momentum dilantiknya pengurus DPD KNPI Kabupaten Manokwari ini menandakan kebangkitan pemuda sebagai lokomotif perubahan di Kabupaten Manokwari, Ibu Kota Provinsi Papua Barat. (*)

Pos terkait