Fenomena Embun Es di Banjarnegara

  • Whatsapp

ANALISNEWS, BANJARNEGARA – Fenomena yang beberapa hari ini terjadi di dataran Dieng bisa dilihat disekitar komplek di Candi Arjuna di selimuti embun es suhu di termometer hampir mendekati minus 3,5°c.

Pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Aryadi Darwanto, membenarkan peristiwa kemunculan es tersebut.

“Betul tanaman diselimuti es, fenomena embun upas,” paparnya saat dikonfirmasi pada Minggu (26/7/2020).

Ia mengatakan bahwa fenomena kemunculan es tepatnya di sebagian sisi lapangan Candi Arjuna Dieng sudah beberapa kali terjadi di tahun 2020 ini. Suhu di Dieng bahkan mencapai minus 3,5 derajat celcius.

Dieng Jawa Tengah kini menjadi primadona dan perbincangan bagi sebagian para netizen di Media Sosial. Hal ini karena tersebarnya foto foto penampakan, maupun dedaunan yang di selimuti es, fenomena yang sudah sering terjadi di daerah Dieng masyarakat sekitar menyebutnya dengan *Embun Upas*. Dieng menjadi ikon dan surganya para travelling, selain menjadi tempat objek wisata juga menawarkan sisi lain keindahan di dataran tinggi Dieng kepada para penikmat wisata alam, spot yang di suguhkan disekitar Dieng ialah Batu Angkruk berupa jembatan kaca landscape di ketinggian yang bisa dinikmati para pengunjung khas dataran Dieng, serta bisa menikmati sunrise atau matahari terbit, lengkap dengan panorama yang mempesona.

Di lain sisi Dieng menawarkan Gardu Pandang Tieng yang berada di ketinggian 1.800 mdpl. Posisi yang tinggi ini membuat pemandangan langit begitu menakjubkan, tak heran kawasan perbukitan ini menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan langsung matahari terbit. Pengunjung jika ingin melihat matahari terbit harus datang lebih awal. (Hadis)

Pos terkait