Keindahan Kota Nan Permai, Destinasi Wisata Kota Curup

  • Bagikan

ANALISNEWS, BENGKULU – Rejang Lebong adalah nama kabupaten yang berada di Provinsi Bengkulu. Kabupaten yang memuyai luas wilayah sekitar 1.476 km persegi ini dikelilingi oleh daratan tinggi. Kabupaten Rejang Lebong mempuyai ibu kota dengan nama Kota Curup. Kabupaten Rejang Lebong merupakan daerah penghasil beras, kopi dan sayur-sayuran utama di provinsi Bengkulu, yang hasilnya dikirim hingga ke Palembang, Jambi, Padang, Lampung, dan Jakarta.

Melihat sejarah dari Kota Curup, Curup merupakan sebuah kota di daerah pegunungan bukit barisan dan dikelilingi oleh Bukit Kaba/Gunung Kaba dan Bukit Daun. Penduduk aslinya adalah suku Rejang, tetapi banyak juga masyarakat dari suku lain seperti Jawa, Lembak, Minang, Serawai dan Sunda. Kota ini pernah menjadi ibu kota Provinsi Sumatra Selatan pada masa revolusi di bawah kepemimpinan Gubernur A.K. Gani.

Curup adalah kota kecil berudara dingin, segar dan sejuk yang terhampar di lembah dataran tinggi Sumatra. Adanya asimilasi kebudayaan daerah dengan orang pendatang, kini menjadikan kota Curup sebagai kota heterogen dari berbagai etnis di Indonesia.

Disisi lain, Kota ini banyak menawarkan destinasi wisata beragam dan elok dipandang diantaranya Suban Air Panas, Pematang Danau, Gunung Kaba, Air Terjun di Kepala Curup, Tabarena dan situs-situs prasejarah seperti Batu Panco. Daerah ini juga dikenal sebagai salah satu tempat tumbuhnya Rafflesia Arnoldii.

Air Terjun Pemandian Punai bisa dibilang sebagai salah satu objek wisata alam baru yang ada di Rejang Lebong, tepatnya di Dusun Air Lang, Desa Empat Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran. Karena masih baru, air terjun ini pun tak banyak dikunjungi oleh wisatawan, sekali pun memiliki pemandangan yang indah.

Kemudian ada juga Air Terjun Sindang Kelingi, yang memiliki pemandangan tak kalah indahnya. Lokasi air terjun ini sendiri berada di tengah-tengah hutan. Masih ada lagi air terjun yang tak kalah menawan di Rejang Lebong, yakni Air Terjun Suban yang berlokasi di Cawang Baru, Selupu Rejang. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun yang menarik adalah pemandangan alam sekitarnya, mengingat lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan. Aliran air dari air terjun yang tak terlalu deras sangat memungkinkan untuk bermain air tepat di bawah air terjun.

Ada juga Air Terjun Tangga Seribu, yang berlokasi di Jl. Curup – Lubuk Linggau Cahaya Negeri, Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong. Air terjun ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika akhir pekan atau saat musim liburan tiba.

Selain itu juga disamping destinasi Air Terjun, Curup menawarkan kemegahan obyek wisata perbukitan diantaranya, Bukit Kaba adalah gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Meskipun demikian, banyak yang mengatakan bahwa mendaki Gunung/Bukit Kaba yang memiliki ketinggian 1.937 mdpl adalah kegiatan yang menarik. Ada hal membuat menarik salah satunya obyek wisata Danau Mas Harun Bestari. Secara administratif, danau ini berlokasi di Kota Curup dan Lubuk Linggau, Kecamatan selupung Rejang. Banyak yang mengatakan bahwa danau ini memiliki pemandangan yang menawan, karena dikelilingi oleh perbukitan dan juga terdapat pulau tepat di tengah-tengahnya.

Di Kabupaten Rejang Lebong juga ada destinasi wisata yang unik dan mungkin tak bakal ditemukan di tempat lain. Ya, destinasi wisata itu adalah Danau Puteri Tujuh Warna. Dinamakan demikian karena memang di sana terdapat tujuh telaga yang memiliki warna berbeda-beda. Empat telaga besar masing-masing memiliki warna biru, merah, putih, dan abu-abu. Selanjutnya ada Hutan Madapi, yang berlokasi di Desa Pal VIII, Kecamatan Bermani Ulu Raya. Wisatawan akan terkesan bilah berkunjung di kota cuup dimana disini juga mereka akan dapat merasakan suasana pemandangan alam Kebun Teh Bukit Daun, yang berlokasi di Kecamatan Bermani Ulu serta harumnya semerbak Taman Bunga D’Syandana. (*)

  • Bagikan