Menghayati HUT Bhayangkara ke-74, Meningkatkan Produktivitas Pelayanan Masyarakat

  • Whatsapp

ANALISNEWS, OPINI – Tepat tanggal 1 Juli ialah hari bersejarah bagi anggota Polri. Karena pada hari itu diperingatinya Hari Bhayangkara atau Hari Kepolisian Nasional Republik Indonesia. Tahun ini dalam memperingati HUT Bhayangkara Ke-74 jatuh pada Rabu 1 Juli 2020. Dalam perayaannya diperingati secara sederhana karena Indonesia masih dilanda musibah pandemi Covid-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

Dilansir dari situs resmi Porli, “Dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Bhayangkara akan dilaksanakan secara sederhana. Konsepnya menyesuaikan kondisi saat ini, yaitu pada masa transisi menuju new normal dengan tetap menaati protokol kesehatan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Awi Setiyono di Kantor Bareskrim Polri.

Disisi lain juga dapat kita lihat, jauh sebelum tanggal memperingati HUT Bhayangkara Ke-74 Mabes Polri bersama Polda dan Polres Jajaran serta para anggotanya telah melaksanakan sejumlah bakti sosial, di antaranya bakti sosial yaitu pelaksanaan donor darah, pembagian paket sembako kepada warga, serta membersihkan kampung dan tempat ibadah ditengah pandemi Covid-19.

Hari Bhayangkara adalah momentum bagi seluruh anggota Polri untuk merenungkan kembali makna Bhayangkara. Sudahkah mereka mengimplementasikan Bhayangkara selama mengabdi di intansi Kepolisian Republik Indonesia, serta hari ini juga sebagai bahan evaluasi diri dalam meningkatkan produktivitas pelayanan pada masyarakat, output dari semuanya yaitu senantiasa meningkatkan kembali dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman juga pelayanan kepada masyarakat.

Dengan memperingati HUT Bhayangkara, hendaknya Kepolisian Republik Indonesia agar lebih meningkatkan pengabdian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Peringatan Hari Bhayangkara adalah momentum berbenah diri agar menjadi polisi yang senantiasa humanis namun tetap tegas menegakkan hukum dan keadilan.

Kita masyarakat Indonesia semuanya mendoakan agar Kepolisian Republik Indonesia senantiasa tulus dalam menjalankan tugas yang diamanatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selamat memperingati Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia hari jadi Bhayangkara ke-74, 1 Juli 2020, teruslah tumbuh tegaklah menjadi Rastra Sewakkotama, Abdi Utama Nusa dan Bangsa, membangun ibu pertiwi tercinta. (*)

Pos terkait