Tanggap Darurat Datangnya Kemarau BPBD dan Dinas Terkait di Kabupaten Garut Siap Siaga Membantu Masyarakat

  • Bagikan

ANALISNEWS, JABAR – Dari hasil pantauan dalam menghadapi adanya musim kemarau tiba. Pihak dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah  ( BPBD ) Kabupaten Garut, mungkin ada sekitar 14 Kecamatan dari 42 kecamatan yang rawan akan adanya kekeringan. Sedangkan ke 14 Kecamatan tersebut, akan ada perhatian khusus dari BPBD kabupaten Garut untuk penangananya.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tubagus Sopyan. Saat di wawancarai diruang kerjanya oleh Analisnews ,Rabu (22/7/2020). Menurut Tubagus, saat ini kami dari pihak BPBD Kabupaten Garut sudah melakukan berbagai kajian dan telah melaksanakan kordinasi dengan pemangku jabatan kebijakan bersama pihak – pihak terkait. Mungkin salah satu tujuannya, agar segera mengantisipasi serta menanggulangi beberapa daerah yang akan terkena dampak dari adanya kemarau ini.

Kita semua melihat banyak hal yang akan terdampak dari adanya kemarau ini salah satunya yakni, adanya ancaman kekeringan pada sektor pertanian, Paparnya.” Dalam hal ini, nantinya Dinas pertanian berencana akan menginventalisir daerah – daerah mana saja yang akan dibantu atas adanya dampak terhadap kemarau dan terjadinya kekeringan. Sedangkan selain dari pihak Dinas pertanian, mungkin persoalan adanya kekeringan yang di akibatkan datangnya kemarau ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut.

Terkait dengan soal saluran air atau pemanfaatan irigasi yang terdampak oleh adanya kekeringan. Saya disini akan selalu sigap dan akan terus menerus berkoordinasi dengan Dinas – dinas seperti. Dinas Sosial, PDAM serta Pemadam Kebakaran. Adapun tujuan adanya kordinasi tersebut, untuk bersiap – siap mendistribusikan bantuannya dari masing – masing Dinas terkait yang bisa membantu terhadap masyarakat yang mengalami kekeringan.” Kita disini khususnya BPBD akan selalu siap dan sigap untuk membantu masyarakat apabila dibutuhkan atau diperlukan,” pungkas Tubagus. (Kaperwil Jbr)

  • Bagikan