HUT ke-75 RI, Kisah Pilu Pak Min Pahlawan yang Terlupakan

  • Bagikan

ANALISNEWS, RAGAM – Tepat hari ini, Senin, 17 Agustus 2020, Indonesia genap berumur 75 tahun. Meskipun begitu, di umur Indonesia yang genap 75 tahun, kisah pilu masih dirasakan oleh salah satu pahlawan Indonesia.

Pak Min, begitulah namanya. Sosok yang menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia mengusir para penjajah dari Bumi Pertiwi.

Kisah tersebut bermula di bagikan pengguna TikTok @ceritadisolo, kemudian diunggah ulang oleh akun @thoric.idn di Instagram.

Tampak dari video seorang kakek tua yang sedang berjualan mainan dan celengan dari tanah liat di pinggir jalan.

Berdasarkan unggahan tersebut, kakek yang biasa disapa Pak Min ini merupakan salah satu pahlawan yang ikut berjuang mengusir penjajah. Sejak kecil, pria berusia 87 tahun tersebut dikatakan sudah berjuang mengangkat senjata untuk melawan penjajah.

“Beliau Pahlawan. Kita bisa hidup enak, menikmati segala kemudahan, gadget, sosmed dan lain-lain, di antaranya adalah jasa dari beliau,” tulisnya dalam unggahan.

Seharusnya pria kelahiran 1933 ini sudah hidup enak, namun sayang kini ia masih harus berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berdagang mainan dan celengan dari tanah liat.

Kini, usia Pak Min sudah mencapai 87 tahun. Namun, beliau pun masih berjuang dalam mencari rezeki di usianya yang sudah tua renta.

Beberapa warganet juga mengaku sempat bertemu dengan Pak Min. Diceritakan, kakek kelahiran Solo tersebut merupakan sosok yang ramah dan gemar bercerita tentang masa penjajahan. Bahkan, ada kalanya kakek tersebut menangis ketika bercerita.⁣ (*)

  • Bagikan