Pemuda Ini Temukan Lokasi Lafaz Allah Setelah Tertangkap Citra Satelit

  • Bagikan

ANALISNEWS, RAGAM – Hasil penampakan dari foto citra satelit google heart di wilayah Kota Sawahlunto tepatnya di Talawi atau empat kilometer arah utara Kota Sawahlunto, Sumatera Barat menyerupai huruf arab yang bertuliskan Allah.

Seorang relawan kebencanaan Ade Rahardian yang pertama kali menemukannya, kemudian diunggah di kanal youtubenya pada 6 Agustus 2020. Ade memberi judul dengan “Lafadz Allah di Google Map Sumatera Barat”. Kemudian viral di media sosial terutama di Sumatera Barat.

Dari pantauan analisnews.co.id menggunakan aplikasi Google Earth, penampakan lafaz Allah di daerah tersebut memang benar adanya. Namun tidak jelas secara rinci daerah tersebut apakah sawah atau perkebunan ketika tampilannya diperbesar.

Namun, baru-baru ini pemuda bernama Rafi Rudini (25) warga Sawahlunto berhasil menemukan keberadaan ‘Lafaz Allah’ yang viral beberapa waktu lalu. Pemuda tersebut, menggunggah video Lafaz Allah tersebut ke akun Instagramnya @eliticca pada Jumat (14/8/2020).

Rafi mengatakan, huruf Lafaz Allah tersebut, ternyata terbentuk dari areal persawahan dan disampingnya itu merupakan ladang. Untuk lokasi tepatnya di Desa Bukik Gadang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, lokasi tersebut bisa dijangkau dengan sepeda motor apalagi jalan kaki.

“Video tersebut diambil pada Kamis (13/8/2020) sekira pukul 10.00 WIB lalu, berawal dari rasa penasaran saja dengan viral penangkapan oleh citra satelit,” katanya.

Rafi menambahkan, sebelumnya ia juga telah mencoba bertanya kepada masyarakat sekitar terkait penangkapan Lafaz Allah oleh citra satelit, namun tidak ada yang mengetahui secara pasti.

“Akhirnya diambil keputusan, mencoba menerka daerahnya dimana, dan kemudian kami terbangkan drone dan terlihat huruf ha atau huruf terakhir Allah sedikit,” ujarnya.

Semakin penasaran, Rafi mencoba menerbangkan drone dengan maksimal atau setinggi 500 meter. “Akhirnya terlihat semua dengan sempurna dari huruf alif sampai ha,” ujarnya lagi.

Usai mengambil foto dan video Lafaz Allah tersebut, ia bertemu dengan masyarakat sekitar dan memperlihatkan foto tersebut.

“Saya takjub & bertanya kok bisa seperti itu, & sepanjang saya lihat itu terbentuk secara alami,” katanya. (*)

  • Bagikan