WHO Puji Kerajaan Saudi yang Berhasil Laksanakan Ibadah Haji di Tengah Pandemi Global

  • Whatsapp

ANALISNEWS, INTERNASIONAL – Dikabarkan melalui media setempat bahwasanya  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melemparkan pujian kepada pemerintah Arab Saudi karena sukses menggelar ibadah  haji, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Saudi telah menerapkan protokol yang sangat ketat, yang sudah dimulai sejak seleksi jamaah haji.

Dilansir dari situs resmi  Arab News pada hari  Jumat waktu setempat (31/07/2020), Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO mengungkapkan  “Langkah-langkah yang diambil oleh Saudi selama haji telah memberikan contoh bagi negara-negara yang ingin kembali ke kehidupan normal dan beradaptasi dengan kondisi saat ini”, ujar Tedros.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan. “Mengatakan Saudi telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan keamanan para jamaah selama proses ibadah haji tahun ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Saudi, mengatakan pihaknya telah menyediakan semua layanan kesehatan yang diperlukan di semua temapat Situs Suci. Ini meliputi enam rumah sakit, 51 klinik, 200 ambulan, 62 tim lapangan, rumah sakit lapangan, klinik keliling, enam ambulans setup dengan peralatan canggih dan tiga klinik di kediaman para peziarah.

Perlu diketahui, dalam pelaksaan haji tahun ini, para jamaah dibagi dalam beberapa kelompok, di mana setiap kelompoknya berisi 50 orang. Dalam setiap kelompok ditugaskan seorang pengawas untuk menemani mereka sepanjang perjalanan ritual haji dan memastikan kesejahteraan mereka, dan memberikan bantuan medis segera yang diperlukan.

Setiap para jamaah sendiri diwajibkan memakai masker dan menerapkan social distancing selama menjalankan ritual haji yang berlangsung sekitar lima hari di kota suci Mekah dan sekitarnya. Jamaah menjalani pemeriksaan suhu secara rutin dan ditempatkan di karantina saat mulai menuju mekah pada akhir pekan lalu. (*)

Pos terkait