Bandara Helsinki, Finlandia Menggunakan Anjing untuk Mendeteksi Virus Covid-19 dari Sampel yang Diambil dari Penumpang

  • Whatsapp

ANALISNEWS, INTERNASIONAL – Media lokal setempat melaporkan pada pekan ini otoritas pihak berwenang di bandara Helsinki, Vantaa, Filandia dalam waktu dekat ini akan memberlakukan sebuah proyek percontohan yang unik dalam mendeteksi virus Covid-19.

Otoritas setempat akan menggunakan anjing terlatih untuk mengendus virus Sars-Cov-2 penyebab paparan Covid-19 pada sampel yang diambil dari penumpang bandara.

Diketahuhi, efisiensi anjing-anjing tersebut belum terbukti dalam studi ilmiah komparatif sehingga penumpang yang secara sukarela dites dan diduga membawa virus diinstruksikan juga untuk mengambil sampel swab guna memastikan hasilnya.

Dikutip dari AFP, pada hari Jum’at (25/09/2020) Sebuah tim yang terdiri dari 15 anjing dan 10 instruktur sedang dilatih untuk pekerjaan itu di Finlandia oleh para sukarelawan, yang disponsori oleh klinik hewan swasta. Diantaranya adalah Kossi, anjing penyelamat dari Spanyol, yang dilatih sebagai anjing pelacak di Finlandia dan sebelumnya telah bekerja untuk mendeteksi kanker

Apa yang kami lihat dalam penelitian kami adalah bahwa anjing akan menemukan (penyakit) lima hari sebelum mereka (pasien) mendapatkan gejala klinis,” jelas Anna Hielm-Bjorkman, yang merupakan Adjunct Professor di University of Helsinki dan spesialis dalam bidang penelitian klinis untuk hewan pendamping.

Dilansir juga dari Asiaone, pada Jumat setempat  (25/9/2020) Adjunct Professor di University of Helsinki dan spesialis dalam bidang penelitian klinis untuk hewan pendamping mengatakan “Mereka sangat pandai (dalam hal itu). Kami mendekati sensitivitas 100 persen,” ujranya. “Mengacu pada kemampuan anjing untuk mendeteksi kasus virus,” tuturnya.

Sabagai informasi, dalam tes anjing, seorang penumpang menggesek leher mereka dengan kain kasa, meletakkannya di dalam kaleng yang kemudian diserahkan ke ruangan lain untuk diendus anjing dan untuk memberikan hasil langsung.

Di masa depan, mungkin juga anjing-anjing ini mengelilingi penumpang dengan cara yang mirip dengan anjing bea cukai.

Melibatkan anjing untuk mendeteksi virus Corona bukanlah yang pertama. Beberapa bulan lalu, pihak berwenang di Uni Emirat Arab (UEA) melakukan pengujian serupa pada anjing di Bandara Internasional Dubai dengan menggunakan anjing polisi. Sebagai pelacak hal-hal yang dinilai mencurigakan. (Nursaiti)

Pos terkait