Menko PMK : Di Tengah Pandemi Covid-19, KPM PKH Dapat Bantuan Beras 15 kg/Karung

  • Whatsapp

ANALISNEWS, NASIONAL – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendy menegaskan beras bantuan sosial untuk membantu keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) di tengah pandemi Covid-19.

Menko PMK, Muhadjir Efendy menjelaskan kepada awak media di sela-sela kunjungan kerja ke Sumut-Medan dengan agenda memantau perkembangan penanganan Covid-19, sosialisasi masker serta memantau ketersediaan kualitas beras bulog untuk KPN PKH, Sabtu  (12/9/2020).

Bacaan Lainnya

Pamdemi Covid-19 berdampak pada semua sektor khususnya perekonomian masyarakat.

Pemerintah dalam hal penanganan pandemi Covid-19 berupaya membantu masyarakat akibat pandemi Covid-19, termasuk KPM PKH.

“Beras merupakan salah satu bahan pokok di tengah warga masyarakat saat pandemi Covid-19 berlangsung,” ujar Muhadjir Efendy.

Di katakannya, pada kunjungan kerjanya saat ini ke Medan salah satu agendanya adalah untuk memastikan kesiapan bulog dalam penyaluran beras medium untuk KPM PKH.

“Dengan adanya bantuan beras,maka warga masyarakat terdampak covid 19 termasuk KPM PKH dapat tertolong dengan ketersediaan beras di rumah,” ujarnya.

Masi kata Muhadjir Efendy. Pihaknya ingin memantau kesiapan bulog wilayah Sumut dalam penyaluran beras bulog medium kepada KPM PKH layak harus layak konsumsi  (berkualitas baik).

Selain berkualitas layak konsumsi, berat/volume yakni 15 kg/karung.

“Dari hasil pengecekan kami di gudang bulog secara langsung dan acak, kualitas dan berat/volume beras medium sesuai standart dari Pemerintah Pusat,” ujar Muhadjir Efendy..

Muhadjir Efendy menegaskan agar kualitas dan berat/volume beras medium kepada KPM PKH harus memenuhi standard dan untuk berat/volume yakni 15 kg/karung dan tidak ada pemotongan pada saat sampai ketangan warga (KPM/PKH).

Muhadjir Efendy juga mengharapkan agar warga masyarakat dan wartawan untuk mengawal bantuan sosial untuk KPM PKH.

“Untuk warga masyarakat dan wartawan kawal program bansos untuk PKH, jika ada penyimpangan laporkan ke pihak berwajib,” kata Muhadjir Efendy.

Sementara itu Kepala Perum Bulog kanwil Sumut Arwakhudin Widiarso.

“Data KPM PKH secara nasional mencapai 10 juta Kepala keluarga sedangkan data untuk KPM PKH Sumut berjumlah 455.289 kepala keluarga. Stok beras bulog Sumut berjumlah 38.000 ton atau jauh diatas kebutuhan untuk KPM PKH berjumlah sekitar 20.400 ton,” ujarnya.

Di pastikan Arwakhudin Widiarso dalam penyaluran beras medium untuk KPM PKH tersebut tidak ada kendala dan untuk kualítas maupun berat/volume dipastikan sesuai aturan dari Pemerintah Pusat.

“Berat/volume 15 kg/karung dengan kualitas beras layak konsumsi,” tandas Arwakhudin Widiarso. (top)

 

 

Pos terkait