Puskesmas Pucakwangi Ditutup Tiga Hari untuk Diseterilisasi Hindari Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp

ANALISNEWS, PATI – Puskesmas Pucakwangi 2, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati, Jawa tengah, terlihat sepi karena untuk layanan rawat inap ditutup tiga hari mulai hari Rabu (23/09/2020).

Penutupan ini imbas dari adanya pasien yang pernah di rawat di Puskesmas Pucakwangi 2, selanjutnya rujuk di KSH Pati dan dinyatakan meninggal dengan hasil terkonfermasi Covid-19.

Meninggalnya seorang warga desa di Kecamatan Jakenan di benarkan oleh Kepala Puskesmas Pucakwangi 2 Suhartatik, S.Kep., Ners., MM., penutupan rawat inap akan dilakukan selama 3 hari (23- 25/09/2020) guna melakukan sterilisasi gedung dan lingkungan sekitar Puskesmas Pucakwangi 2.

“Terkait adanya warga yang pernah dirawat dan meninggal beberapa hari lalu yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Pasien sebelumnya opname di Puskesmas Pucakwangi 2, penutupan selama tiga hari untuk sterilisasi tempat untuk dilakukan penyemprotan desinfektan serta memberikan kesempatan pemeriksaan rapid test bagi petugas. Penutupan hanya pelayanan rawat inap, pelayanan rawat jalan tetap buka seperti biasa,” ungkapnya melalui WhatsApp Rabu siang (24/09/2020).

Untuk diketahui bahwa pasien meninggal bukan di Puskesmas Pucakwangi 2 namun di Rumah sakit KSH Pati, pasien di rawat di puskesmas hanya dua hari saja selanjutnya rujuk di KSH Pati selama kurang lebih 12 hari dan dinyatakan meninggal dan terkonfermasi Covid-19.

Selanjutnya Puskesmas Pucakwangi 2 lakukan tracking untuk melihat riwayat perjalanan dan aktivitas dari pasien selama di Puskesmas Pucakwangi 2. Nakes di puskesmas bisa dibilang rawan terpapar Covid-19 karena terjun langsung dalam melakukan tracing kepada pasien positif Covid-19 maupun kontak erat.

Untuk itu, kegiatan skrining terhadap nakes baik yang bertugas di puskesmas rawat inap, maupun di rawat jalan kesehatan rutin dilakukan.

Hari ini Puskesmas Pucakwangi 2 telah melakukan rapid test sebanyak 20 orang tenaga kesehatan yang melakukan kontak langsung maupun tidak langsung dengan hasilnya non reaktif semua.

Kepala Dinas Kesehatan Kab Pati dr Edy Siswanto, MM., mengamini bahwa hari ini dilakukan rapid test di Puskesmas Pucakwangi 2, untuk selanjutnya agar masyarakat selalu menerapkan aturan kesehatan yang telah di canangkan pemerintah, memakai masker saat keluar rumah, selalu cuci tangan, hindari kerumunan.

“Iya mas hari ini di rapit test dan sterilisasi ruangan” jawab Edy.

Sementara itu, terkait pelayanan di Puskesmas Pucakwangi 2 untuk layanan rawat jalan masih bisa dilayani sedangkan untuk rawat inap tutup selama tiga hari buka kembali Sabtu (26/09/2020). (Ctr/ Sp /Hr/Red)

Pos terkait