Sejarah Ditemukannya Padepokan Ki Ageng Ngerang

  • Whatsapp

ANALISANEWS, PATI – Sabtu (26/9/2020), 22.00 WIB. Suasana tampak sepi dan hanya satu orang berada di lokasi Makam. “Memang di sini tidak ramai mas tidak seperti makam lainnya, tapi banyak pendatang jauh yang berdoa di sini,” kata salah satu orang yang malam itu di makam. “Tiap Haul Bupati Haryanto juga datang,” imbuhnya.

Konon menurut cerita warga Desa Trimulyo Ngerang dan para Kayai, Ulama awal mula ditemukannya Makam Ki Ageng Ngerang.
memang mempunyai sejarah panjang.

Sebelumnya, warga hanya menemukan sebuah nisan yang tertanam di makam Dipemakaman Umum Desa Ngerang Trimulyo. Namun, bentuk nisan itu berbeda dengan yang lainnya, bahkan hampir mirip dengan nisan para raja-raja terdahulu.

Warga Merasa penasaran, kemudian menanyakan peristiwa itu kepada orang yang lebih kompeten.

Diceritakan, nisan itu memang mempunyai sejarah panjang. Warga menyebutkan, itu adalah nisan milik Syeh Ronggo Joyo. yang kemudian dikenal dengan Ki Ageng Ngerang.

“Bukan tanpa alasan, Ki Ageng Ngerang ini juga mempunyai garis keturunan secara langsung hingga ke Rasulullah. Muhammad. Bahkan dalam silsilahnya terlihat jelas ketika ditelusuri oleh Profesor Kanjeng Pangeran Panji Noor Hadiningrat,” jelasnya.

Lebih dari itu, Ki Ageng Ngerang sendiri mempunyai istri. yang berasal dari keturunan Prabu Brawijaya, Majapahit. Namanya adalah Nyai Ageng Ngerang. yang saat ini makamnya berada di Desa Ngerang, Kecamatan Tambakromo.

Karena berbagai peristiwa sejarah itu lah kemudian para sesepuh Desa Trimulyo.
meyakinkan diri bahwa Ki Ageng Ngerang memang ulama besar yang patut untuk di hormati.Ki Ageng Ngerang atau Syech Ronggo Joyo, Kalau Sunan Ngerang itu Syech Muhumammad Nurul Yakin makamnya di Desa Pekuwon Juwana.

Bahkan hingga saat ini, warga masyarakat sangat antusias untuk mengikuti prosesi haul Mbah Sunan Ngerang tersebut. Dan Mendatangkan Keluarga dari Kerajaan Paku Alaman Surakarta setiap tahun memperingati Haul & Kirab Pusaka Tombak Ki Anggeng Ngerang.

SILSILAH KI AGENG NGERANG
Rasulullah S A W.
Mempunyai Keturunan.
Sayidatina Fatimah.
Mempunyai Keturunan.
Sayidina Khusain.
Mempunyai Keturunan.
Syeh Zaenal Nalim.
Mempunyai Keturunan.
Syeh Zaenal Abidin.
Mempunyai Keturunan.
Syeh Zaenal Alim.
Mempunyai Keturunan.
Syeh Zaenal Kubro.
Mempunyai Keturunan.
Syeh Zaenal Khusain.
Mempunyai Keturunan.
Syeh Jumadil kubro.
Mempunyai Keturunan.
Syeh Maulana Magribi.
Mempunyai Keturunan.
Kyai Ageng Ngerang 1.

Itulah Nasab Atau Silsilah Dari Ki Ageng Ngerang. (Ctr)

 

Pos terkait