Kabid Pemberdayaan Dinsos, Sri Kasmila : “Jika Benar Adanya Dugaan Seorang Kades Rangkap Jabatan Sebagai TKSK, yang Bersangkutan Harus Memilih Salah Satu”

  • Whatsapp
Oknum Kades Lawe Hijo, Bulkainisyah yang disinyalir memiliki rangkap jabatan sebagai tim TKSK Kecamatan Lawe Sumukh, Kabupaten Aceh Tenggara, foto dok by AnalisNews.co.id.

ANALISNEWS, ACEH TENGGARA – Adanya Dugaan Oknum Kepala Desa yang berada di Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara ada dugaan memiliki rangkap jabatan sebagai Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang bertugas di wilayah hukum Kecamatan Lawe Sumukh.

Menanggapi masalah tersebut, Kabid Pemberdayaan dari Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tenggara, Sri Kasmila, yang dikonfirmasi AnalisNews.Co.id, Selasa (15/09/2020), mengakui bahwa benar Inisial B sejauh ini masih aktif bertugas sebagai tenaga TKSK Kecamatan Lawe Sumukh.

“Hal ini ditandai dengan aktifnya Inisial B hadir di Kantor Dinas Sosial Aceh Tenggara, serta secara rutin juga dia melaporkan hasil pekerjaannya sebagai TKSK langsung ke Dinas Sosial Provinsi Aceh dan ke Kemensos RI,” ujar Sri Kasmila.

“Soal Inisial B yang juga merangkap jabatan sebagai Kepala Desa, saya baru ini mengetahuinya, untuk itu saya akan berkoordinasi dengan atasan saya, karena jelas larangan rangkap jabatan ini tidak diperbolehkan karena jelas diatur pada UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa,” tandas Sri Kasmila.

“Termasuk juga soal domisilinya yang tidak sesuai dengan domisili TKSK kecamatannya bertugas, hal ini juga akan saya koordinasikan dengan atasan saya nantinya,” rinci Sri Kasmila.

Jika memang sudah begini, setahu saya Inisial B harus memilih salah satu jabatan tersebut, jika dia lebih memilih jabatan Kepala Desa secara resmi dia harus membuat surat pengunduran dirinya dari jabatan TKSK Lawe Sumukh, lalu dilanjutkan dengan diusulkan penggantinya oleh pihak Dinas Sosial Aceh Tenggara.

Seperti diketahui, Inisial B kurang lebih hampir lima tahun telah diangkat sebagai TKSK Lawe Sumukh, hal ini berdasarkan aturan pengangkatan TKSK yang dilakukan oleh pihak Dinsos Provinsi Aceh, pihak Dinsos Aceh Tenggara hanya sebatas mengusulkan koata jumlah TKSK berdasarkan Kecamatan yang ada, tukas Sri Kasmila.

Terpisah, ketika AnalisNews.co.id mencoba mengkonfirmasi Inisial B, Selasa (15/09/2020), via seluler ganggamnya, sekaitan hal ini, ketika Inisial B ini dikonfirmasi via pesan singkat elektronik (SMS), serta via pesan WA tidak mau membalas, padahal kedua pesan elektronik tersebut dihubungi di waktu yang berbeda, hingga berita dirilis tidak ada juga balasan. (rky)

 

Pos terkait