Terkini, Mengintip Pelaksanaan Pemilu di Negeri Sabah Negara Bagian Malaysia

  • Whatsapp

ANALISNEWS, INTERNASIONAL – Media lokal melaporkan bahwasanya Negeri Sabah negara bagian Malaysia hari ini telah melaksanakan pemilu memilih pemerintah negara bagian mereka.

Diketahuhi, pemilu negara bagian Sabah di Malaysia akan menjadi medan pertempuran yang kacau saat Perdana Menter PM Muhyiddin Yassin harus menghadapi kelompok oposisi dan juga menghadapi tekanan dari sekutunya sendiri.

Dikutip dari Bloomberg, pada Sabtu setempat (26/9/2020) hampir satu juta warga Malaysia di Sabah akan memilih pemerintah negara bagian mereka. beberapa hari setelah pemimpin oposisi Anwar Ibrahim mengklaim jabatan perdana menteri. Meskipun kemenangan sangat penting bagi Muhyiddin untuk menangkis klaim Anwar dan dapat mempercepat pemilihan umum, sifat kemenangan itu sama kuncinya.

Disisi lain, Oh Ei Sun, peneliyi di Institut Urusan Internasional Singapura mengatakan. “Muhyiddin ingin melihat kemenangan yang dahsyat, dengan partainya Bersatu memenangkan sebagian besar kursi alih-alih dengan sekutunya Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO),” jelas Oh Ei Sun, peneliti di Institut Urusan Internasional Singapura.

Sedangkan kemenangan besar bagi UMNO akan memberinya ruang untuk mendorong peran yang lebih besar dalam pemilihan cepat, dengan mengorbankan perdana menteri dan partainya. (Nursaiti)

 

 

 

Pos terkait