Terkini, Menlu AS Mike Pompeo Berkunjung Ke Siprus Bertemu dengan Presiden Nicos Anastasiades

  • Whatsapp

ANALISNEWS, INTERNASIONAL – Media lokal setempat melaporkan bahwasanya pada Sabtu setempat Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah berkunjung ke Siprus. Sebagai melihat situasi terkini di kawasan tersebut.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, saat melakukan lawatan perjalanan singkat ke Siprus pada Sabtu malam, di mana ia bertemu dengan Presiden Nicos Anastasiades.

Dikutip dari Reuters, pada Minggu setempat (13/9/2020) Mike Pompeo mengatakan

“Negara-negara di kawasan ini perlu menyelesaikan perselisihan termasuk tentang keamanan dan sumber daya energi dan masalah maritim secara diplomatis dan damai,” imbau Pompeo

“Meningkatnya ketegangan militer tidak membantu siapa pun kecuali musuh yang ingin melihat perpecahan dalam kesatuan transatlantik,” ujarnya.

Diketahuhi ketegangan di Mediterania timur telah meningkat karena aksi saling klaim antara Turki dengan Yunani dan Siprus atas wilayah laut yang dianggap kaya akan gas alam.

Sebagai informasi umum pulau Mediterania timur terpecah dalam invasi Turki pada tahun 1974 yang dipicu oleh kudeta singkat yang diilhami oleh Yunani.

Pemerintah Siprus Yunani yang diakui secara internasional mewakili seluruh pulau di Uni Eropa, meskipun otoritasnya secara efektif terkandung di bagian selatan. Siprus Utara adalah negara Siprus Turki yang tidak diakui yang hanya diakui oleh Ankara. (Nursaiti)

 

 

Pos terkait