Terkini, Normalisasi Israel-Bahrain disambut Baik oleh Oman

  • Whatsapp

ANALISNEWS, INTERNASIONAL – Media lokal setempat mengabarkan baru ini Israel dan Bahrain telah menjalin kerjasama secara legal setelah melakukan kesepakatan normalisasi beberapa hari lalu yang di fasilitasi oleh Presiden AS Donald Trump.

Dalam normalisasi itu disambut baik dari berbagai negara tak terkecuali Oman. Bahkan Muscat berharap hal itu akan berkontribusi pada perdamaian Israel dan Palestina.

Dikutip dari News Asia, pada Minggu setempat (23/9/2020) Otoritas Oman menyatakan “Oman berharap jalur strategis baru yang diambil oleh beberapa negara Arab ini akan memberikan kontribusi untuk mewujudkan perdamaian berdasarkan diakhirinya pendudukan Israel atas tanah Palestina dan pada pembentukan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kotanya,” kata pemerintah Oman.

Pada hari Jumat, Raja Bahrain, Hamad bin Isa Al Khalifa dari Bahrain secara resmi setuju untuk mengakui negara Israel dalam percakapan telepon trilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Dalam pernyataan bersama yang dibuat oleh AS, Bahrian dan Israel, mereka mengatakan normalisasi hubungan ini adalah terobosan bersejarah untuk perdamaian lebih lanjut di Timur Tengah.

Diketahuhi cara membuka dialog langsung dan hubungan antara dua masyarakat dinamis dan ekonomi maju ini akan meneruskan perubahan positif di Timur Tengah dan meningkatkan stabilitas, keamanan dan kesejahteraan di kawasan wilayah Arab dan Timur Tengah. (Nursaiti)

 

Pos terkait