“USA Terkini !”, Duta Besar AS untuk China Terry Branstad Mengundurkan Diri

  • Whatsapp

ANALISNEWS, INTERNASIONAL – Media lokal memberitakan bahwasanya baru ini Duta besar AS untuk China telah mengundurkan diri ditengah memburuknya hubungan bilateral antara Washington-Beijing.

Mundurnya Branstad diumumkan oleh Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, pada beberapa hari lalu.

Dikutip dari Anadolu Agency, pada Senin setempat (14/9/2020) Menlu AS, Mike Pompeo mengatakan “Saya berterima kasih kepada Duta Besar Terry Branstad atas pengabdiannya selama lebih dari tiga tahun kepada rakyat Amerika sebagai Duta Besar AS untuk Republik Rakyat China,” kata Pompeo.

“Presiden Donald Trump memilih Branstad karena pengalamannya selama puluhan tahun berurusan dengan China membuatnya menjadi orang terbaik untuk mewakili pemerintah dan untuk membela kepentingan dan cita-cita Amerika dalam hubungan penting ini,” sambungnya

Kembali Pompeo memuji kontribusi Branstad karena berhasil menyeimbangkan kembali hubungan AS-China sehingga berorientasi pada hasil, timbal balik, dan adil. Efek positif itu, ucap Pompeo, akan bertahan pada kebijakan luar negeri AS di Asia-Pasifik selama beberapa dekade mendatang.

Sebagai informasi umum, Branstad sendiri ditunjuk sebagai Duta Besar AS untuk China pada tahun 2016 karena dinilai memiliki hubungan yang baik dengan Presiden China, Xi Jinping dan pengangkatan tersebut disambut oleh Beijing, dan menyebutnya sebagai teman lama rakyat China oleh otoritas China. (Nursaiti)

Pos terkait