Narakarya 1 Kwarcab Kabupaten Bogor Digelar Virtual

  • Whatsapp

ANALISNEWS, BOGOR – Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kwartir Cabang Kabupaten Bogor mengadakan workshop Narakarya 1 di Aula Graha Pandu Kwarcab Kabupaten Bogor, Jumat (16/10/20). Kegiatan ini merupakan tahap lanjutan usai pembina mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD).

“Tentunya kegiatan ini mengacu kepada UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 200 tahun 2011 tentang Panduan Kursus Pembina Mahir,” kata Ketua Pusdiklatcab Kab Bogor, Saepulloh.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak dan budi pekerti luhur.

“Pelaksanaan kepramukaan merupakan proses pendidikan sepanjang hayat menggunakan tata cara rekreatif dan edukatif dalam mencapai sasaran dan tujuannya,” ungkapnya.

Sae, sapaan akrabnya, lebih lanjut mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bagaian dari kegiatan yang harus dilaksanakan oleh pembina. Dia berharap, usai kegiatan ini mempunyai pembina Pramuka yang mumpuni dan profesional. “Pesertanya kan Siaga, harapannya mereka paham dunia kesiagaan. Yang dikedepankan adalah pendidikan karakter,” lanjut dia.

Sementara Itu, Pelatih Pusdiklatcab Dian Sukmawan mengatakan, dalam mencapai keberhasilan dari fungsi kepramukaan maka peserta didik harus dibimbing, dibina, dilatih sejak dini supaya kelak dapat berguna dan mampu di lingkungan dimana ia berada. Maka untuk mewujudkan keberhasilan peserta didik itu dimulai dari pembinaan, pemberian bekal pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada para pembina pramuka melalui berbagai pendidikan formal dalam gerakan kepramukaan di antaranya Kursus Mahir Dasar.

“Hari ini kita laksanakan Narakarya 1 ini, sebagai bentuk lanjutan kita melakukan program pembinaan lanjutan jelang menuju KML, karena Narakarya menjadi kata kunci suksesnya pembina pramuka,” kata Dian.

Karena situasi masih pandemi lanjut dia, maka kegiatan workshop Narakarya ini dilaksanakan secara daring. Hal ini untuk tetap menjalankan program-program kerrja yang sudah dirancang. “Intinya, kita tetap menerapkan protokol kesehatan, dan kegiatan ini kita gelar secara online,” ujarnya.

Semenjak pandemi melanda di Indonesia, Kwarcab Kabupaten Bogor kemudian melaksanakan kegiatan dan pelatihannya secara virtual dan membentuk Bhinaya Bakti Virtual Tim (BBTV). “Hari ini sedang ada Narakarya 1 untuk golongan Siaga secara virtual. Memang sekarang Kwarcab Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatannya secara virtual sejak pandemi Covid-19. Pelatihan-pelatihan yang dilakukan secara virtual dibantu oleh BBTV,” tukas Yuniar Witriadi, Bhinaya Bakti Virtual Tim. (*)

Pos terkait