Pemdes Karya Jaya Bayongbong Garut, Tunai BLT Perpanjangan Sebesar Rp, 300’000

  • Whatsapp

ANALISNEWS, JABAR – Sebuah target pencapain kinerja yang benar – benar optimal dilakukan oleh PLT Kepala Desa ( Kades ) Karya Jaya, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa – Barat yang bernama Asep. Pasalnya, untuk adanya sebuah percepatan kinerja termasuk kepada adanya mengenai anggaran Dana Desa ( DD ) maka dari itu. Bersumber dari DD Tahun 2020 ini, Pemerintah Desa ( Pemdes ) Karya Jaya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) perpanjangan untuk Tiga Bulan kedepan sebesar Rp, 300’000- ke setiap KPM.

Adapun adanya pembagian BLT tersebut, telah diatur oleh Permendes PDT Nomor 6 Tahun 2020. Kades PLT Asep saat di wawancarai Analisnews diruang kerjanya Selasa, 06/10/20 ia mengatakan. Adanya pembagian BLT ini, mungkin dasarnya dari hasil awal Validasi maupun hasil Verifikasi dari mulai, pendamping, BPD, LPM,Babinsa, Babinkamtibmas berikut dari Rt dan Rw yang ada di wilayah Desa Karya Jaya. Adapun sebagai targetnya adalah, Keluarga Miskin, belum terdata atau belum menerima bantuan apapun dari pemerinta, keluarga miskin yang sakitnya menahun dan putus mata pencaharian.

Bacaan Lainnya

Kami disini khusunya dari pihak Pemdes Karya Jaya, dalam pembagian BLT selalu di dampingi oleh, BPD, Banbinsa, Babinkamtibmas serta Pendamping Desa ( PD ).” Alhamdulillah pada saat ini khususnya Desa Karya Jaya sudah merealisasikan penyaluran BLT perpanjangan yang Rp, 300’000- ini, semoga dengan adanya pembagian BLT tersebut. Akan dapat membantu sedikit meringankan beban bagi masyarakat yang saat ini terdamapak oleh adanya wabah pandemi covid-19,” terang Asep kepada Analisnews.

Lebih lanjutnya PLT Kades Karya Jaya Asep Mengatakan, penggunaan adanya DD untuk BLT ini, sesuai dan mengacu kepada aturan Perkades Nomor 10 Tahun 2020 mengenai BLT dari DD, namun disisi lain pihak kamipun mengukuti aturan serta adanya persetujuan dari Bupati Garut melalui Camat.” Kita disini khususnya dari pihak Desa Karya Jaya, akan selalu mengikuti setiap peraturan dari Pemerintah, baik dari pemerintah pusat, Provinsi maupun dari Pemkab Garut.

Karena disisi lain, BLT DD ini berbeda dengan  Program Keluarga Harapan ( PKH ) dan Bantuan Pangan Non – Tunai ( BPNT ), kalau untuk BLT inikan diberikan secara langsung berupa uang tunai kepada tiap – tiap KPM yang menerima. Namun adanya pembagian BLT DD ini tidak boleh rangkap dengan bantuan lain, kalau double nantinya nisa dicoret dan itupun atas adanya persetujuan dari yang disetujui yang belum menerima bantuan seperti., PKH, BPNT maupun yang lain – lainya,” Tandas Asep ( Kaperwil Jbr ).

Pos terkait