Desa Kampung Baru Kutacane Gelar Musrenbang Dana Desa Tahun 2021

  • Bagikan
Kepala Desa Kampung Baru, Muslim, Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara, foto dok by Analis News.co.id Kutacane.

ANALISNEWS, KUTACANE – Desa Kampung Baru yang dikomandoi Muslim yang berada di wilayah hukum Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara, pada Minggu (29/11/2020), menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dana desa tahun anggaran 2021.

Berdasarkan pantauan AnalisNews.co.id mereka yang hadir dalam rapat musrenbang itu antara lain Babinsa Kampung Baru, Ketua BPK Kampung Baru berserta Sekretaris BPK dan Bendahara BPK kemudian turut hadir pula para perwakilan warga dari tiga Dusun Desa Kampung Baru, termasuk juga para pendamping Desa dan pendamping Kecamatan.

Kepala Desa Kampung Baru, Muslim kepada AnalisNews.co.id, saat diwawancarai mengatakan. “Musrenbangdes ini perlu kiranya kita laksanakan selain sebagai bentuk transparansi penggunaan dana desa yang sesuai dengan Permendes, juga kita lakukan guna menyerap aspirasi masyarakat Desa Kampung Baru,” jelasnya.

“Hal ini bertujuan agar semua apa yang menjadi kebutuhan desa baik yang bersifat rutin dilaksanakan tapi juga mengkover kebutuhan desa yang bersifat prioritas dilakukan, dengan maksud bahwa implementasi desa dapat terealisasi secara matang terukur,” ujar Muslim.

Dari hasil rapat musrenbang desa ini, sambung orang nomor wahid di Desa Kampung Baru, Kutacane ini, sedikitnya ada enam program desa yang diharapkan akan kita laksanakan sesuai jadwal pencairan dana desa tahun 2021 mendatang.

Keenam program tersebut antara lain Penguatan permodalan BUMK kita, lalu Pengadaan alat-alat PKK, dan Pemeliharaan Lampu Jalan Desa, lalu Program Posyandu Desa yang kelima adalah Program BPJS Ketenaga kerjaan bagi aparat Desa, dan terakhir adalah Program arahan Pusat terkait Covid-19.

“Untuk program Covid-19 ini kita memang tengah menunggu aturan terbaru dari Menteri Desa. mulai dari penyaluran BLT lalu pengadaan alat-alat kebutuhan pencegahan penularan virus covid-19 dan lainnya yang menyangkut dengan prioritas penanggulangan wabah covid-19,” timpal Muslim.

Di ujung konfirmasi Muslim berharap. “Dengan difinalkannya ke enam program desa Kampung Baru ini dapat kita laksanakan dengan baik dan tuntas, selanjutnya semua program ini akan kita masukkan rancangan APBDes tahun 2021, yang akan kita ajukan sebagai usulan pencairan Dana Desa,” pungkas Muslim. (rky)

  • Bagikan