Kutipan Inspirasi & Motivasi Majas dari Tommy Jonathan Sinaga

  • Whatsapp
Ayo Bantu Viralkan :

ANALISNEWS, SELEBRITY – Kata kata bijak, kata mutiara atau quotes merupakan sebuah kata kata yang indah dengan makna dan nasehat untuk menjalani hidup. Dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi kata kata bijak dari Tommy Jonathan Sinaga yang dikutip dari buku-bukunya.

Siapa Tommy Jonathan Sinaga?

Bacaan Lainnya

Beberapa tahun yang lalu, saat saya duduk di bangku kuliah secara tidak sengaja membaca novel Tommy Jonathan Sinaga di rumah seorang teman. Tidak disangka kata kata Tommy J Sinaga tersebut begitu indah dan membuat mabuk kepayang.

Profil Singkat Tommy Jonathan Sinaga

Saat ini kita bisa katakan Tommy Jonathan Sinaga adalah seorang seniman dan penulis yang sedang naik daun, hal ini terlihat dari karya karyanya yang digandrumi anak muda.

Tommy Jonathan Sinaga sendiri lahir di Pematangsiantar pada 04 april 1999. Sebelum namanya dikenal,  Tommy Jonathan Sinaga adalah seorang Seniman, Penulis,  dan juga ahli Teknologi Informasi di Kota Pematangsiantar.

Dalam beberapa kesempatan  Tommy Jonathan Sinaga mengaku telah aktif menulis sejak tahun 2016 silam.

Saat ini telah banyak karya yang ia keluarkan, khususnya novel. Kendati demikian ia masih memiliki keinginan untuk menulis lebih banyak buku dan puisi.

Apabila kalian ingin berkomunikasi dengan  Tommy Jonathan Sinaga, dapat dihubungi di medi sosial berikut ini;

  • Twitter Tommy Jonathan Sinaga : @tommyjsinaga
  • Instagram Tommy Jonathan Sinaga : @tommyjsinaga
  • Facebook Tommy Jonathan Sinaga : @tommyjsinagaofficial

Quotes Tommy Jonathan Sinaga

“Hidup harus bersyukur”

Apapun kondisimu saat ini, jangan pernah mengeluh akan keadaan. Cobalah untuk tetap bersyukur apapun hasil yang kamu capai. Jika kamu merasa kurang, cobalah kembali dan tetap bersyukur. Dengan begitu, kesuksesan dan keberhasilan akan datang dengan sendirinya. Karena, tidak ada hasil yang bisa mengkhianati usaha.

“Tidak perlu memandang fisik untuk mencinta”

Apakah Mencintai harus berdasarkan materi? Ya…zaman sekarang memang banyak model orang yang seperti itu…
tetapi tak semuanya… mungkin hanya 50% saja dari manusia di bumi ini…

“Tidak Perlu Menjelaskan Siapa Kamu Pada Seseorang”

Sebab, orang di dunia ini semakin aneh. Senang ketika temannya celaka dan sedih, iri dan dengki ketika melihat temannya bahagia. Karena itu, quote Tommy J Sinaga yang menjadi nasehat dan kata mutiara cantik itu berlaku sampai sekarang dan tidak lekang oleh zaman. Jika orang lain tahu siapa dirimu yang sebenarnya, jika itu baik maka akan menimbulkan iri. Jika itu buruk, justru akan membongkar aibmu sendiri. Begitu juga dengan orang yang suka denganmu, karena dia tidak butuh informasi tentang siapa dirimu. Jadi, sobat yang tercinta, mulai sekarang ini, jagalah rahasiamu dan jangan ceritakan tentang dirimu. Kamu tidak perlu lagi menjelaskan siapa dirimu kepada siapapun.

“Kepercayaan Dalam Hubungan Itu Sangat Penting”

Bisakah hubungan cinta Anda berhasil hanya dengan satu aspek saja? Jika Anda harus memilih satu, apakah kepercayaan lebih penting daripada cinta dalam suatu hubungan? Atau sebaliknya? Jawabannya jelas, yakni kepercayaan. Alasan kepercayaan lebih penting adalah bahwa perasaan cinta bisa berubah, dan seiring waktu cinta bisa surut dan mengalir kembali, tetapi kepercayaan adalah fondasi yang memungkinkan untuk mengatasi segala perubahan. Namun menurut para ahli, kehilangan kepercayaan itu seperti racun bagi hubungan yang membunuh rasa cinta sedikit demi sedikit.

“Sikap Benci Terhadap Seseorang”

Pernahkah kamu disakiti hatimu karena perbuatan orang lain?… Pernahkah kalian akhirnya malah membenci dan kemudian muncul keinginan membalas perbuatan orang yang mendzolimi kalian? Ingat! Allah memperingatkan kita untuk selalu bersabar dan bersikap lemah lembut ketika menghadapi segala benturan dari orang-orang di sekeliling kita. jadi jangan balas dendam.

Seperti tertulis di (Q.S. Ali-Imran: 159)Yaitu : “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampunan bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya”. Jadi simpan saja rasa bencimu itu, karena memaafkan seseorang itu indah bukan?

“Penuh Kebohongan”

Nilai kemuliaan hidup bukanlah terletak pada status ataupun kelebihan yang kita miliki, melainkan pada apa yang kita lakukan berdasarkan pada Hati Nurani. Yang mengerti dan menerima kekurangan. “Keindahan fisik bukanlah jaminan keindahan batinnya” Jangan melihat penampilan fisik seseorang karna tidak selamanya penampilan fisik itu menjamin pribadi yang baik.

“Kegagalan diri sendiri”

\"\"

Penyebab kegagalan yang pertama adalah tidak memiliki rencana yang dapat diaplikasikan, atau bahkan tidak punya rencana sama sekali. Realita mungkin saja bisa berbeda dengan rencana, namun memiliki rencana akan sangat membantu Anda menuntun kemana harus berjalan. Jadi setidaknya meskipun keadaan tidak sesuai rencana dan harapan, Anda masih memiliki tujuan atau gambaran besar yang menjadi patokan. Jadi jika Anda merasa saat ini berada dalam kegagalan, coba dipikirkan kembali apakah saat ini Anda sudah berada di jalan yang memang tepat untuk Anda? Atau hanya mengikuti apa yang dilalui orang banyak agar tidak dipandang aneh karena memilih sesuatu yang berbeda? Kalau iya, maka cobalah untuk memberanikan diri menjadi berbeda dan berada di jalan yang berlawanan dari mayoritas. Lakukanlah hal yang Anda anggap benar dan tepat, karena Anda-lah yang paling mengetahui tentang diri Anda sendiri.

“Menulis Adalah Bekerja”

Menulis memiliki makna dalam kehidupan.Menulis dapat membawa berkah bagi penulis itu sendiri. Sangat membanggakan,atau mengagumkan, baik diri sendiri maupun membawa manfaat bagi orang lain.Menulis juga dapat memberikan pencerahan peradaban umat manusia. Dengan menulis, menuangkan ide dapat diketahui masyarakat.

“Kebahagiaan Bukan Dari Emosi”

\"\"

Jangan terpukau dengan penampilan. Penampilan bisa menipu. Terkadang orang yang kita anggap remeh, ternyata menyimpan kelebihan yang luar biasa. Terkadang orang yang terlihat alim, ternyata mempunyai sikap yang zalim. Maka jangan sampai tertipu dengan simbol. Allah Maha Mengetahui hati manusia, jadi jangan sampai gampang menyangka-nyangka. Yang dilihat oleh Allah yang utama adalah hati, bukan materi; yang dilihat oleh Allah bukan rupa, tapi takwa. Sehingga dengan demikian, sebagai manusia kita harus berhati-hati dan selalu rendah hati. Diantara kita juga pasti pernah meremehkan orang lain, tapi kita juga perlu ingat bahwa dibalik keremehan yang terlihat dimata kita belum tentu jelek dimata Allah SWT, terkadang banyak kelebihan-kelebihan yang diberikan oleh Allah kepadanya. dan setiap individu pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, setiap orang pintar pasti ada kelemahannya dan setiap orang bodoh pasti ada sesuatu yang gak orang pintar miliki, Allah itu maha adil.

“Jangan Pernah Menyakiti Hati Wanita”

Jika wanitamu selama ini sering berbuat kesalahan, luruskanlah dengan cara yang baik. Sebab wanitamu merupakan tulang rusukmu yang bengkok. Jika kamu meluruskannya dengan keras, maka dia akan patah. Maka luruskanlah dengan lembut dan penuh kasih sayang, bukan justru meninggalkan karena wanitamu sering melakukan kesalahan.
Buat para laki-laki, tanpa wanita kamu tidak akan bisa berbuat apa-apa. Ingatlah, Adam tak berdaya saat Tuhan belum menciptakan Hawa. Ingatlah kamu dilahirkan dari rahim seorang wanita, dikandung selama 9 bulan juga di perut wanita, maka sedikitpun jangan pernah menyakiti hatinya.
Saat sudah jatuh cinta, wanita memang lemah dan tak berdaya layaknya sebuah boneka. Yah, tak berdaya layaknya boneka, kamu bisa sesuka hati mempermainkannya, membantingnya, dan bahkan menginjak-injakknya. Namun ingat, tidak ada laki-laki sejati yang memainkan boneka! Laki-laki sejati akan memuliakan wanita, sebab dia tahu, ditelapak kakinya ada sebuah surga.

“Jangan Takut Karna Jomblo”

Belajar mengenal dan memahami diri sendiri juga akan sangat membantu Anda dalam menemukan pasangan yang tepat di masa mendatang. Anda akan menyadari bahwa hubungan adalah tentang memberi, bukan menerima, dan Anda akan merasa lebih percaya diri karena Anda tahu apa yang harus dilakukan jika hubungan selanjutnya tetap tidak berjalan dengan mulus.

“Tuhan Tidak Akan Membiarkanmu”

Semua tergantung bagaimana kita menyikapi hidup ini, pada dasarnya hidup ini indah, berwarna warni, terkadang bahagia sekali dan terkadang berbalik dari kata bahagia seperti kekecewaan dan sebagainya. Jika kita di dunia ini ingin memikirkan bahagia terus, lantas bagaimana kita merasakan rasa bersyukur? Terkadang banyak orang yang merasakan bahagia terus-terusan tapi dia lupa caranya dan bersyukur dan mengingat Tuhan.

“Hidup Untuk Rendah Hati”

Tidaklah sulit menciptakan sifat yang baik yaitu sikap rendah hati dan sederhana. Orang yang memiliki sikap rendah hati selalu berusaha menjadi pribadi yang bisa menerima orang lain, tidak sombong, atau terlalu memperlihatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki. Tidak usahlah kita risaukan, jika orang lain tidak tahu apa yang kita miliki atau seberapa tinggi kemampuan kita melakukan segala sesuatu.

“Sikap Menyalahkan”

Mampukah Anda berdiam diri dan tidak menyalahkan siapa-siapa atas penderitaan yang menimpa diri Anda? Anda tidak menambah kesusahan dengan mengutuki orang lain, menyalahkan diri sendiri, apalagi menyalahkan Tuhan sebagai Tuhan yang tidak baik atau tidak adil. Mampukah Anda tetap percaya dan berserah kepada Tuhan atas segala persoalan yang dihadapi? Dia tidak pernah salah. Dia tidak pernah mengecewakan kita. Jika Tuhan mengizinkan kesusahan terjadi, Dia pasti juga memberikan kekuatan bagi kita. Jangan pernah menyalahkan!

SIKAP MENYALAHKAN TIDAK AKAN MENYELESAIKAN PENDERITAAN ANDA.

“Jangan Salah Memilih Pasangan”

Pandai agama saja tidak cukup, karena banyak yang dikata ilmunya sudah banyak, ibadahnya dilihat baik, tapi ternyata semua itu hanya hiasan belaka. Lalu bagaimana? jangan terkecoh, benar-benar lihatlah bagaimana akhlaq dan peribadinya, lihatlah apakah benar-benar dia takut sama Allah? Intinya menikahlah dengan lelaki yang takut akan Allah, pilihlah yang benar-benar memakai ilmu yang dia ketahui dengan baik, agar nanti kamu bisa betah dengannya hingga maut memisahkan.

“Hargai Pengorbanan Orangtuamu”

Mereka sudah mencintaimu bahkan sebelum kamu tahu kamu ada. Mereka menantimu dengan hati lapang sebelum kamu datang ke dunia. Kamu adalah malaikat kecil bagi mereka. Ibumu rela berbagi badan denganmu selama 9 bulan. Ayahmu selalu siaga di sebelahnya, menunggumu datang. Ya, persiapan kehadiranmu saja sudah diperlakukan begitu rupa. Apalagi ketika akhirnya kamu bisa melihat dunia. Seketika kehidupan kedua orangtua berporos padamu. Alasan mereka selalu bersemangat dalam menapaki hari adalah karena adanya kamu. Kamu adalah semesta bagi mereka. Segalanya.

Mereka akan bersedia melakukan apapun demi kamu, sang buah hati. Bersediakah kamu melakukan perintah-perintah sederhana yang mereka berikan padamu tiap hari?

“Jangan Dengarkan Omongan Orang”

Ada dua hal yang bisa kita lakukan jika mendengar kata-kata negatif yang diberikan kepada kita. Pertama, melakukan apa yang mereka katakan. Atau kedua, pura-pura tidak mendengar dan tetap teguh pada pendirian kita. Jangan dengarkan mereka yang suka menghina diri kita. Jangan biarkan kata-kata buruk itu membuat kita kehilangan impian terbaik kita. Berpikirlah positif!

“Jangan Terlalu Berharap Pada Seseorang”

Ketahuilah wahai diri, berharap kepada manusia itu adalah patah hati yang paling disengaja, maka pastikan kamu menjaga dengan baik percayamu kepada Allah. Jangan sekali-kali berharap kepada manusia, meski benar kamu sedang terlibat janji dengannya, karena jika tidak tepat sesuai dengan inginmu pasti akan sangat menyakitkan hati. Berbeda ketika kamu berharap kepada Allah, meski harapanmu tidak sesuai dengan izin-Nya, maka pasti kamu tidak akan pernah kecewa, sebab Allah akan mengganti dengan rencana-Nya yang lebih indah.

“Jangan Memaksa Seseorang”

Dalam skenario seperti itu, hal terbaik yang harus Anda ingat adalah memastikan bahwa Anda tidak pernah memaksa seseorang untuk tetap hidup. Anda tidak dapat memaksa siapa pun untuk tinggal bersama Anda, merawat Anda, atau mencintai Anda. Yang dapat Anda lakukan adalah terus menonton dan memberikan yang terbaik dari versi Anda

Penutup

Demikian kumpulan kata kata bijak atau quotes dari penulis Tommy Jonathan Sinaga yang diambil dari berbagai bukunya. Semoga kata mutiara ini menjadi nasehat yang baik dalam mengarungi kehidupan. Tidak dapat dipungkiri sebagai mahluk lemah manusia membutuhkan motivasi, inspirasi dan pengingat untuk lebih baik. Apabila terdapat kekeliruan dalam tulisan ini mohon untuk dimaafkan, semoga bermanfaat!!

(*)

 

Pos terkait