Olaia Tengah Siap Menjadi Desa Definitif

  • Whatsapp
Ayo Bantu Viralkan :

ANALISNEWS, KOTAKISA – Tim Evaluasi Kelayakan Pembentukan Desa Persiapan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Melakukan Pemantauan dan Verifikasi di Desa Persiapan Olaia Tengah, Kecataman Aesesa, kabupaten Nagekeo, Selasa (17/11/2020)

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas PMD Propinsi NTT, Daniel Tanoh, Asisten 1 Setda Nagekeo, Imanuel Ndun, Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Nagekeo, Raimundus Ko’o, ketua komisi III DPRD Nagekeo, Petrus Dua, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan masyarakat Desa Persiapan Olaia Tengah.

Fransiskus Kisa, ketua Forum Pemekaran Desa Olaia Tengah menjelaskan, pemekaran desa diusulkan saat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (musrembangdes) Olaia tahun 2015. Dan menurutknya desa Olaia layak dimekarkan menjadi beberapa desa mengingat luasnya wilayah dan jumlah penduduk yang semakin meningkat.

“Kami mengusulkan pemekaran desa ini sejak tahun 2015 saat musrembangdes, dan sudah bekerja keras untuk memenuhi persyaratan pembentukan desa”, jelasnya.

Pada kesempatan itu, sekretaris dinas PMD Kabupatan Nagekeo, Raimundus Ko’o, menyampaikan tujuan pemekaran desa sebagai bentuk kemajuan daerah.

Lanjutnya, untuk pemekaran desa harus memenuhi persyaratan normatif yakni jumlah penduduk minimal 1000 jiwa atau jumlah kepala keluarga (KK) minimal 200 KK. Dan sesuai data yang diperolehnya, jumlah KK di desa persiapan Olaia Tengah sudah memenuhi persyaratan yaitu sebanyak 207 KK, sedangkan jumlah penduduk sebanyak 797 jiwa. Tentunya data ini harus terkoneksi dengan data di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil.

“Kalau melihat jumlah kepala keluarga, sudah memenuhi persyaratan menjadi desa definitif, ujarnya.

Pos terkait