Sesuai SK Bupati, Dandim 1004/Ktb Gelar Rapat Lanjutan Penanganan Bencana Kebakaran

  • Whatsapp
Ayo Bantu Viralkan :

ANALISNEWS, KOTABARU, KALSEL – Dandim 1004/ktb memimpin rapat lanjutan penanganan bencana kebakaran yang terjadi Jumat 30 Oktober 2020 lalu, sesuai dengan SK Bupati Kotabaru untuk melaksanakan kegiatan rapat lanjutan penanganan bencana kebakaran yang diselenggarakan di ruang data Makodim 1004/ktb, Rabu (18/11/20).

Rapat lanjutan penanganan bencana kebakaran di hadiri oleh, Sekda Kotabaru, Forkopimda yang mewakili, SKPD terkait, Camat Pulau Laut Utara, Pulau Laut Sigam beserta staf, Kasdim, Pasiter Dim 1004/ktb, Danramil kota 1004-08/Plu, Lurah Kotabaru Tengah, dan para ketua RT yang terkena musibah, serta undangan lainnya.

Komandan kodim 1004/ktb Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi menyampaikan, bahwa hasil kesepakatan bersama dari seluruh pihak mulai dari Forkopimda, Camat, Lurah, dan para ketua RT, Satgas, sesuai SK tanggap darurat bahwa pada hari ini telah diputuskan untuk bantuan berupa dana yang kita terima.

“Dan ini sudah kita putuskan bersama untuk mendistribusikan kepada warga yang terkena musibah kebakaran yang diterima oleh posko induk Koramil kota 1004-08/Plu, pertanggal 17 November berjumlah kurang lebih 1 milyar 2 juta, ini akan disalurkan kepada korban kebakaran yang sudah terdata 152 KK. dengan pembagian masing-masing KK mendapatkan berjumlah 6.596.000 (enam juta lima ratus sembilan puluh enam ribu),” terang Dandim.

Kemudian ujar Dandim, untuk menindak lanjuti bagi korban kebakaran rumahnya pada saat itu tidak ditempati, atau disewakan agar segera melengkapi segala persyaratan administrasi untuk di lanjutkan proses pengajuan kepada Kementerian PUPR untuk dibangunkan menjadi suatu rumah khusus dan ini sesuai data rumah berjumlah 122 buah rumah. dan yang sudah lengkap dengan persyaratan administrasi berjumlah 104 buah rumah.

“Sampai dengan sekarang proses pengurusan tersebut sudah mencapai di angka 75% dan sampai 80% data yang sudah memenuhi syarat, berjumlah 104 orang dari total 122 buah rumah yang akan dibangunkan,” katanya.

Dandim, berharap kepada warga yang terkena musibah kebakaran yang belum melengkapi persyaratan administrasi sekitar 18 buah rumah yang belum, segera untuk melengkapinya. dari pihak Dinas perumahan akan memberikan tenggang waktu sampai dengan tanggal 1 Desember 2020 untuk.

Kemudian untuk dana ucap Dandim, dana ini segera kita bagikan termasuk dana sewa rumah dari pemerintah daerah sebesar satu juta lima ratus ribu (1.500 ribu) dan sekaligus dana bantuan sosial sebesar enam juta lima ratus sembilan puluh enam ribu rupiah (6.596.000) rupiah. dengan dana tersebut agar dapat digunakan untuk membangun rumah sementara sambil menunggu dibangunkan rumah khusus.

“Kami berharap kepada warga yang terkena musibah kebakaran masing-masing KK hasil keputusan Sekda, bahwa penentuan kaplingan tanah akan kita percepat. dan ini membutuhkan waktu sekitar 1 atau 2 minggu kedepan. sehingga hasil cavlingan tersebut masing-masing KK bisa membangun rumahnya untuk sementara, dan ini antisipasi masyarakat bisa berteduh dulu sambil menunggu proses pembangunan rumah sehat atau rumah khusus,” tutupnya.

Salah satu ketua RT. 08/RW 02 kelurahan kotabaru tengah M. Yusranriadi mengatakan, terimakasih atas pemerintah daerah maupun instansi yang terkait baik dari pihak kecamatan maupun kelurahan beserta rekan-rekan yang telah membantu untuk mendapatkan hasil yang sangat baik, mulai dari sembako sampai dengan dana sosial dan perencanaan bangunan bagi masyarakat yang terkena musibah kebakaran.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah dapat merespon secara langsung untuk rencana pembangunan rumah sehat atau rumah sederhana buat warga yang terkena musibah kebakaran saat ini, dan mudah-mudahan secepatnya dengan baik untuk perumahan yang akan dibangunkan nanti. Bagi warga yang terkena musibah kebakaran tersebut semua sudah dapat diclearkan, sementara yang menjadi sedikit kendala adalah rumah korban yang memiliki bagian luar atau di depan jalan raya ini nantinya akan disesuaikan dengan harga tanah,” singkatnya. (zn)

Pos terkait