Yapiku Kembangkan Pohon Langka Bersama H. Pilar Saga Tokoh Banten Peduli Lingkungan Hidup

  • Whatsapp

ANALISNEWS, BANTEN –  Yayasan Peduli Indonesiaku

  1. Kegiatan Bidang Lingkungan Hidup.

Masalah lingkungan hidup adalah masalah utama saat ini, yang terutama antara lain masalah polusi atau pencemaran lingkungan hidup. Polusi udara, air dan tanah memerlukan waktu jutaan tahun agar dapat normal kembali.  kemudian masalah Perubahan iklim seperti pemanasan global adalah hasil dari praktik manusia seperti emisi gas rumah kaca. Pemanasan global menyebabkan meningkatnya suhu lautan dan permukaan bumi sehingga menyebabkan mencairnya es di kutub dan kenaikan permukaan air laut.

Masalah lainnya adalah limbah plastik dan sampah perkotaan, limbah dari sektor industri yang sering dibuang ke sungai juga menyebabkan ikan-ikan mati dan hancurnya ekosistem sungai. kemudian masalah deforestasi atau penggundulan hutan Persoalan lingkungan yang tidak kalah penting adalah deforestasi. Pembukaan hutan untuk pengembangan sektor perkebunan, terutama sawit, menyebabkan pelepasan karbon ke bumi sehingga meningkatkan perubahan suhu bumi.

Salah satu Tokoh Mudah Banten yang peduli kepada Lingkungan Hidup adalah H. Pilar Saga, bersama kaum millenial Banten dan Yayasan Peduli Indonesiaku berupaya untuk melestarikan salah satu Pohon Langka yaitu Pohon Bodhi yang memiliki daya serap racun CO2 tinggi dan sebagai pohon penghasil O2 tinggi. Pohon ini dikenal juga dengan nama pohon kalpataru.

Dilansir SundayTimes, Sejarah Pohon Bodhi Seperti diketahui bersama bahwa Siddharta Gautama sang Buddha mendapatkan pencerahan ketika duduk di bawah pohon Bodhi, salah satu pohon tertua dimuka bumi adalah anak dari pohon bodhi dimana sang Budha mendapat pencerahan, pohon tersebut ditanam pada tahun 249 SM dan menjadi pohon tertua yang ditanam manusia dengan tanggal penanaman yang bisa ditelusuri. Konon Jaya Sri Maha Bodhi adalah cabang pohon Bodhi yang menghadap ke selatan. Bagian pohon keramat tersebut dibawa ke Sri Lanka oleh Sangamitta Thera, putri Asoka, raja yang menyebarkan agama Buddha di Sri Lanka dan India. Pada tahun 288 SM, pohon itu ditanam di lokasinya yang sekarang oleh Raja Devanampiya Tissa. (Sejarah Pohon Bodhi)

H. Pilar Saga dalam mengatakan “Anak muda millenial juga harus peduli kepada lingkungan, salah satunya dengan pengembangan pohon langka yaitu pohon Bodhi yang menghasilkan O2 tinggi”.

 

2. Bidang Bantuan Korban Bencana, Gempa, Wabah Covid19

3. Bantuan Pendidikan Adik Adik Yatim.

4. Petihan Menulis Gratis di Media Online Nasional.

Yapiku Bekerjasama dengan media Analisnews yang telah memiliki jurnalis/wartawan diseluruh Penjuru Indonesia, memberikan pelatihan menulis gratis kepada para warga masyakat yang ingin belajar menulis online dalam wadah media analisnews.co.id sehingga semua warga masyarakat mampu ikut serta dalam dunia jurnalistik secara gratis menulis di media online Nasional.

Pengertian Dasar Jurnalis

Jurnalisme warga (bahasa Inggriscitizen journalism) adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita.[1]

Etika Jurnalis

Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) merupakan salah satu batasan atau aturan bagi jurnalis termasuk jurnalis warga, Undang-undang ini berisi tentang aturan akan perbuatan yang dilarang dalam internet, yaitu tentang pencemaran nama baik, pornografi, konten SARA, dan lainnya.

Keunggulan Jurnalis Warga

Jurnalisme warga mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya:[5]

  • Murah, cepat dan mudah diakses.
  • Memberi masyarakat ruang untuk berpendapat.
  • Meningkatkan budaya tulis dan baca masyarakat.
  • Ambil Bukti Gambar dan Foto dari Handphone “Jadi Jurnalis Bermodalkan Handphone”

Menjadi Jurnalis atau “Daftar Untuk Promosikan Usaha Anda”

Untuk mulai menjadi jurnalis warga di AnalisNews atau daftar untuk promosikan usaha, caranya mudah hanya klik link dibawah ini :

https://analisnews.co.id/login/

lalu cari Daftar : isi kolom Nama Depan, Nama Belakang, User Name, Alamat Email, dan Password

untuk mempermudah mengingat samakan isi User Name dan Password :  namaku2020 (wajib terdiri dari huruf dan angka, sebanyak 8 carakter). Lalu centang V  saya setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, kemudian terakhir klik Daftar.

Setalah itu kita akan masuk ke menu Dashboard. Dalam menu dashboard inilah kita dapat mengirim tulisan dan foto berita dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Klik “Kirim Tulisan”
  2. Buat Judul
  3. Pilih Kategori Berita :
  4. Kirim Foto : Ukuran  tidak lebih dari 250 kb  “Jadi Jurnalis Bermodalkan Handphone”
  5. Lalu buat tulisan
  6. Jawab Pertanyaan Penjumlahan dengan benar sebagai bukti bahwa kita bukan robot/mesin.
  7. Kirim

Jika sudah mendaftar secara online akan diberikan kartu PERS dan Surat Tugas Liputan, Persyaratannya : hanya foto KTP dan Pas Photo.

Pos terkait