Yunani Siap Impor Jet Siluman F-35 AS, Sebagai Upaya Memperkuat Pertahanan

  • Whatsapp
Ayo Bantu Viralkan :

ANALISNEWS, INTERNASIONAL – Upaya Yunani dalam menjaga pertahanan kawasannya dalam waktu dekat ini Yunani segerah impor Impor Jet Siluman F-35 AS.

Diketahui, Departemen Pertahahan Yunani telah mengirim surat Letter of Request (LOR) kepada pemerintah  AS untuk membeli 24 unit pesawat Jet Siluman F-35.

Secara rinci surat resmi kepada Washington itu dikirim setelah sebelumnya Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis membuat keputusan untuk membeli 18 unit jet tempur Rafale Prancis bermesin ganda yang terdiri dari enam jet tempur baru dan 12 sisanya jet tempur bekas.

Dikutip dari Proto Thema, pada Selasa (17/11/2020), surat LOR dikirim ke pemerintah AS pada 6 November lalu.

“Keputusan untuk memasukkan (Yunani) dalam program F-35 Joint Strike Fighter akan didasarkan pada berbagai faktor seperti jadwal pengiriman pesawat tempur, rencana pembayaran kembali, konfigurasi pesawat dan kemungkinan kombinasi untuk mendapatkan total 18 hingga 24 jet (baru atau digunakan oleh Angkatan Udara AS, jika tersedia),” bunyi surat LOR Kementerian Pertahanan Nasional Yunani tertanggal 6 November lalu.

“Tanggapan Anda segera akan kami hargai,” bunyi lanjut surat tersebut, yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Persenjataan dan Investasi, Theodoros Lagios.

“Karena pengaturan fiskal internal dan aturan lain yang berlaku dalam anggaran dan kerangka defisit Uni Eropa, sangat penting bahwa F-35 pertama dikirim pada tahun 2021. Untuk bagian kami, kami akan melakukan segala kemungkinan untuk mengimplementasikan program ambisius ini,” imbuh surat itu.

Begitupun, Direktur Jenderal Investasi dan Peralatan Pertahanan mengundang pejabat Amerika untuk mengunjungi Yunani secepatnya agar pembahasan mengenai pembelian 18 hingga 24 unit jet tempur F-35 bisa dibahas.

Direktur Jenderal Investasi dan Peralatan Pertahanan mengatakan “Kami ingin Anda menangani permintaan ini dengan rasa urgensi setinggi mungkin, karena kami memiliki jendela peluang untuk kemungkinan pasokan F-35 dalam waktu dekat,” jelas Direktur Jenderal Investasi dan Peralatan Pertahanan Kementerian Pertahanan Nasional Yunani pada awak media. (Nursaiti)

Pos terkait