Kurang dari Setengah Jam, Jenazah Probable Covid-19 Dimakamkan

  • Whatsapp
Jenazah alm. MBV yang meninggal dalam kasus Probable Covid-19, dimakamkan di Aloleseng, RT 22, Lingkungan Kajulaki, Kelurahan Mbay I, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo dalam waktu kurang dari setengah jam. Tiba pukul 18.24 WITA dan selesai pemakaman pukul 18.50 WITA, Sabtu (16/01/2021).

ANALISNEWS, NAGEKEO – Jenazah alm. MBV yang meninggal dalam kasus Probable Covid-19, dimakamkan di Aloleseng, RT 22, Lingkungan Kajulaki, Kelurahan Mbay I, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo dalam waktu kurang dari setengah jam. Tiba pukul 18.24 WITA dan selesai pemakaman pukul 18.50 WITA, Sabtu (16/01/2021).

Jenazah dihantar dari RSD Aeramo menuju tempat pemakaman oleh petugas ber APD standard lengkap, dikawal aparat TNI, Polri dan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Tiba di lokasi, semua yang lain menjauh dalam jarak lebih dari 20 meter. Yang boleh mendekat hanya petugas yang menangani prosesi pemakaman mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) standard lengkap dengan prosedur ketat sesuai pedoman penangan Covid-19.

Eksavator yang sudah siap di bibir makam, mengambil alih proses menurunkan jenazah dibantu petugas. Proses penurunan berlangsung pelan dan hikmad. Selesai, makam ditutup dengan tanah, dibantu alat eksavator.

Secara keseluruhan, proses pemakaman berjalan lancar, aman dan pantas, sesuai prosedur protokol kesehatan Covid-19.

Bupati Nagekeo dan ibu, serta sejumlah pejabat turut hadir mengikuti secara langsung prosesi pemakaman. Para pejabat yang ikut hadir yakni Kapolres Nagekeo, Sekda Nagekeo, Ketiga Asisten Sekda Nagekeo, Ibu Ketua TP PKK, Kepala BPBD, Kadis Pol PP dan Kebakaran, Camat Aesesa, Lurah Mbay I, Lurah Danga, anggota TNI Polri, rekan-rekan ASN sejawat, serta sejumlah warga yang sejak siang hari turut membantu mempersiapkan lokasi pemakaman.

“Ancaman ini nyata. Jangan pernah remehkan. Terapkan dengan ketat 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi interaksi dan mobilitas),” ujar Bupati Don, didampingi Kapolres Nagekeo, saat selesai upacara pemakaman alm. MBV, anggota Tim Satgas Covid-19 Nagekeo. (*)

Pos terkait