Masa Pandemi Jumlah Pendaftar Haji di Kotabaru dalam Keadaan Normal

  • Bagikan
Pendaftaran haji di Kabupaten Kotabaru masih berjalan normal dan stabil, dan bahkan sampai saat ini tidak ada penurunan dari jumlah pendaftar, bahkan perharinya mencapai sekitar 5 hingga 9 orang.

ANALISNEWS, KOTABARU – Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru melalui Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hj. Siti Fatimah menyampaikan bahwa, di tengah masa pandemi Covid-19 belum berakhir. bagi pendaftaran haji di Kabupaten Kotabaru masih berjalan normal dan stabil, dan bahkan sampai saat ini tidak ada penurunan dari jumlah pendaftar, bahkan perharinya mencapai sekitar 5 hingga 9 orang.

“Hj. Siti Fatimah menambahkan dampak dari pandemi Covid-19 yang mengakibatkan tertundanya keberangkatan calon jamaah haji tahun 1441 H/2020 M serta belum ada kepastian mengenai pelaksanaan ibadah haji 1442 H/ 2021 M. meskipun begitu, para pendaftar calon haji tidak mengurangi niatnya untuk mendaftar haji.” Ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29/1/21).

Alhamdulillah, sekarang sudah kembali normal, dalam sehari masyarakat yang datang mendaftar untuk mendapatkan nomor porsi haji sekitar 5 sampai 9 orang perharinya.

“Ia melanjutkan, di Kalimantan selatan penumpukan porsi yang begitu besar bagi calon haji sangat signifikan dan untuk jemaah kabupaten kotabaru hampir 7000 jamaah yang masih menuggu,” tuturnya.

Hal itu bisa dilihat dari masa tunggu dari calon jamaah haji pada tiap tahun selalu bertambah, seperti untuk keberangkatan calon jamaah tahun 2020 M, itu pun pendaftar dari tahun 2010 akhir. sedangkan untuk pendaftar tahun 2021 akan menungu sekitar 34 tahun akan datang.

“Hj. Siti Fatimah menjelaskan bahwa di masa pandemi ini, protokol kesehatan sangat di utamakan dalam proses pendaftaran. adapun beberapa kebijakan baru untuk persyaratan dan pemberkasan dari ketentuan sebelumnya,” jelasnya.

Sekarang, ada beberapa kebijakan baru dalam proses pendaftaran Haji, yakni peniadaan kartu hijau/kartu kesehatan serta pengurangan pas photo yang dulunya lebih 10 lembar sekarang hanya 5 lembar yang diperlukan.

“Fatimah berharap dengan adanya kebijakan baru ini dapat membantu dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji, dan semoga kita yang membantu proses ini mendapatkan berkah,” harapnya. (zn)

  • Bagikan