Diduga Tersesat di Air Terjun Proklamator Lembah Anai, Empat Pelajar SMAN 2 Padang Panjang Akhirnya Berhasil Ditemukan

  • Whatsapp

ANALISNEWS, PADANG PANJANG — Empat Pelajar SMA 2 Padang Panjang yang diduga tersesat di air terjun proklamator, Lembah Anai, Kenagarian Singgalang, Kec. X Koto, Tanah Datar, Minggu, (21/2/2021) kemarin, akhirnya berhasil ditemukan tim pencari gabungan.

Melalui pesan whatsApp pukul 00:28 Wib, Senin, (22/2/2021) dini hari tadi, Koordinator Tagana kota Padang Panjang, Ferix Sonanda, mengatakan keempat pelajar tersebut berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

“Mereka berhasil ditemukan tim SAR gabungan pencarian yang terdiri dari Basarnas pos 50 kota, Brimob Padang Panjang, Koramil Padang Panjang, Potensi SAR Padang Panjang, BPBD, Damkar, Polsek X Koto, Satlantas Polres Padang Panjang, Masyarakat dan Orari,” ujar wakil SAR Padang Panjang, Eka Sapta.

Sementara di tempat terpisah, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Perlindungan Masyarakat pada Dinas Damkar dan Pol PP kota Padang Panjang, Jhon Eriko, mengatakan keempat pelajar usai ditemukan tidak langsung dibawa turun dari lokasi penemuan dikarenakan medan jalur yang licin.

“Sambil menunggu waktu turun, sekitar pukul 03:07 Wib, tim pencari mengirimkan logistik dan penjemputan,” sambungnya.

Keempat pelajar baru bisa diturunkan tim pencari pada pukul 05:15 Wib dan langsung dibawa ke RSUD Padang Panjang guna pengecekan kondisi kesehatan.

Sebelumnya diberitakan keempat pelajar SMA 2 Padang Panjang diduga tersesat di air terjun proklamator, Lembah Anai, Kenagarian Singgalang, Kec. X Koto, Tanah Datar, Minggu, (21/2/2021).

Keempat pelajar tersebut, masing-masing bernama, Bariq Ramadhan, Danil Hilda, Raf Adinda, dan Fahri.

“Keempatnya diduga tersesat setelah melakukan tracking di air terjun proklamator, Lembah Anai,” tulis koordinator pos pencarian dan pertolongan 50 Kota, Roby, dalam rilis info awal yang diterimanya dari Ferix Sonanda selaku Koordinator Tagana, kota Padang Panjang.

Info kemudian diterima media dari Kabid Damkar dan Linmas pada Dinas Damkar dan Pol PP kota Padang Panjang, Jhoni Eriko, pukul 22:50 Wib, malam tadi.

Dihimpun dari berbagai sumber, air terjun proklamator terletak tidak jauh dari Lembah Anai, Kanagarian Singgalang, Sapuluah Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Untuk bisa sampai ke air terjun proklamasi, jalan satu-satunya harus berjalan kaki selama 40 menit dari akses jalan masuk didepan rumah makan Mangguang yang berada tidak jauh dari air terjun lembah anai.

Air terjun Proklamator merupakan satu dari tiga air terjun yang baru ditemukan disepanjang jalur pendakian menuju gunung Tandikek via jalur Mega Mendung. Air terjun ini tergolong baru ditemukan. Diberi nama Proklamator, karena air terjun ini ditemukan pertama kali oleh Mahasiswa Pecinta Alam Proklamator, Universitas Bung Hatta, saat membuka jalur pendakian dikawasan tersebut tahun 2020 lalu.

Air terjun Proklamator ini juga mengairi air terjun Lembah Anai yang berada di pinggir jalan lintas Padang – Bukittinggi. Keindahan yang ditawarkan air terjun khas aliran air Gunung Singgalang ini tidak kalah dengan wisata air terjun lainnya. Karena tergolong baru tentu fasilitas di sini masih belum ada, namun dijamin masih terjaga keasrianya.

Pos terkait