SEJARAH JAMBI, PEREMPUAN PERTAMA YANG DI LANTIK JADI GUBERNUR

  • Whatsapp

Analisnews.co.id.-Hari ini, Kamis 18 Februari 2021, sejarah baru bagi Provinsi Jambi. Setelah berkali-kali dijabat laki-laki, hari ini, akhirnya ada perempuan pertama yang menjabat sebagai Gubernur Jambi, meski sebatas Pelaksana Jabatan (Pj).

Perempuan pertama yang Gubernur Jambi itu, ialah Hari Nur Cahya Murni. Ia adalah Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Hari ini, Nur dilantik sebagai Pj Gubernur Jambi menggantikan Sudirman yang sebelumnya ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jambi. Pelantikan Nur dilakukan di Kantor Kemendagri pagi ini.

Nur dilantik langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kamis (18/2/2021) pagi.

Kepala Biro Humas Provinsi Jambi, Johansyah membenarkan bahwa pagi ini Pejabat (Pj) Gubernur Jambi dilantik Oleh Mendagri, Tito Karnavian.

“Iya, iya hari ini mendagri lantik Pj gubernur jambi, Ibu DR Hari Nur Cahya Murni MSi, beliau eselon I dirjen pembangunan daerah dari kemendagri,” kata Johansyah.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, pejabat yang dipilih merupakan pilihan Presiden RI Joko Widodo, dirinya hanya bertugas melantik.

Setelah dilantik, Tito menaruh harapan besar terhadap Pj Gubernur ini agar bisa menjalankan amanahnya dengan baik.

“Hari Nur Cahya Murni, saya yakin paham betul seluk beluk APBD semoga bisa memberikan kebaikan untuk Jambi,” ungkap Tito.

Pj Gubernur ini akan bertugas hingga gubernur definitif dilantik. Wanita yang biasa disapa Nunung ini menjadi sejarah pertama untuk perempuan pertama yang memegang jabatan Gubernur Jambi.

Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dari Masa ke Masa
Sejak zaman kolonial Belanda hingga sekarang, Gubernur Jambi selalu dipimpin oleh laki-laki. Tak pernah ada perempuan yang menjabat sebagai gubernur di provinsi ini. (Edi.s)

Pos terkait