Alhamdulillah Selamat, Nelayan Buol Ditemukan di Perairan Laut Tolitoli

  • Whatsapp

ANALISNEWS, BUOL – Rudi (48) seorang nelayan Kelurahan Buol yang dinyatakan hilang, alhamdulilah akhirnya ditemukan selamat di Perairan Laut Toli Toli, Sabtu (06/03/2021).

Mendapat informasi tersebut, nelayan yang dinyatakan hilang telah ditemukan, jajaran Polres Buol bersama BNPB dan Pemerintah Kelurahan Buol langsung menuju ke lokasi penemuan di Desa Binontoan Kecamatan Toli Toli Utara untuk menjemput Rudi.

Bacaan Lainnya

Rudi yang dijemput oleh tim yang dipimpin oleh Kasat Samapta AKP Jefri Makal tiba dengan selamat di Kelurahan Buol dan kembali bertemu dengan keluarga.

Rudi menceritakan bahwa dirinya ditemukan oleh nelayan asal Salumpaga setelah 44 jam terombang ambing di Laut Salumpaga bdalam keadaan lemas dan posisi perahu terbalik. Kemudian perahu yang terbalik di evakuasi menuju daratan Desa Binontoan Kecamatan Toli Toli Utara.

Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro Widodo, terkait kejadian tersebut menghimbau kepada masyarakat terutama para nelayan yang akan melaut untuk waspada kondisi cuaca saat ini yang tidak menentu.

“Dan jangan lupa demi keselamatan untuk membawa serta alat keselamatan saat turun memancing seperti life jacket (pelampung) dan senter. Terpenting adalah memperhatikan kondisi cuaca,” himbau AKBP Dieno Hendro Widodo.

Rudi menjelaskan awal kejadian pada saat itu akan balik menuju daratan, tiba-tiba cuaca berubah sehingga perahu di hantam gelombang dan mengakibatkan sema bagian belakang dan depan rusak sehingga menyebabkan perahunya terbalik.

“Waktu perahu terbalik dan saya langsung terjatuh. Saya ambil pelampung baru saya ikat dikaki supaya tidak tenggelam dan tidak terombang ambing di laut,” ujar Rudi.

Ia juga menuturkan, selama terobang ambing di lautan dirinya bisa bertahan hidup dengan cara meminum air hujan melalui tangannya yang dijulurkan atas, agar air hujan mengalir lewat lengannya untuk ia minum.(SAR)

Pos terkait