Berikan Pelatihan Ketrampilan,Lapas Tuban Cetak WBP jadi seorang pekerja/Usahawan

  • Whatsapp

ANALISNWES,Tuban,- Lembaga Pemasayarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Tuban bekerjasama dengan UPT BLK Tuban dalam menggelar pelatihan keterampilan kepada sebanyak 60 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) setempat, Rabu, (24/03/21).

Untuk informasi, 60 WBP tersebut dibagi ke dalam tiga bidang keterampilan, yaitu pengelasan, ekektronik (service hp), dan meubelair. Setiap satu bidang diikuti 20 peserta.

Kalapas Tuban, Siswarno mengatakan, tujuan dari pelaksanaan pelatihan tersebut adalah untuk memberikan kesempatan WBP dalam mengasah keterampilan dan keahlian.

Harapannya, ketika bebas para alumni WBP Lapas Tuban memiliki keahlian yang bisa dipergunakan untuk mencari pekerjaan atau bahkan membuka lapangan kerja secara mandiri.

“Tujuannya supaya warga binaan bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar sesuai dengan masyarakat di luar dan agar nantinya setelah pelatihan ini, WBP bisa mengaplikasikan pada masyarakat seperti bisa menjadi bekal pekerjaan atau bisa untuk membuka lapangan kerja sendiri,” jelasnya”.

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan bersama UPT BLK Tuban ini juga sudah pernah dilaksanakan selama 2 kali dengan 7 jenis bidang pelatihan di tahun 2020 kemarin. Sementara di tahun 2021 ada 3 bidang pelatihan keterampilan.

Dari kegiatan pelatihan tersebut, setidaknya ada beberapa WBP di Lapas Tuban memeiliki keterampilan yang bisa dipergunakan untuk mencari pendapatan.

“Di Lapas Tuban ini kan kita juga menerima pesanan pembuatan pagar besi. Dan Alhamdulillah juga ada pesanan dari masyarakat. Selain itu, WBP kita juga ada yang memiliki keterampilan membuat mebel, sangkar burung, tata boga di dalam Lapas. Hasil keterampilan itu biasanya kita bantu pasarkan juga,” imbuh Siswarno”.

Sementara itu, Kasih Pelatihan UPT BLK Tuban, Sumarno mengatakan, pihaknya telah beberapa kali menjalin kerjasama dengan Lapas Tuban terkait kegiatan pelatihan keterampilan.

Diharapkan WBP yang telah mendapat keterampilan tersebut bisa membantu mereka mencari pekerjaan atau membuka usaha ketika bebas dari Lapas Tuban.

“Hasil pelatihan keterampilan ini nantinya bisa digunakan WBP untuk mencari pekerjaan atau membuka usaha sendiri,” sambungnya”.(irul21)

 

Pos terkait