Sosialisasikan Maklumat Kapolda Kalteng, Polsek Mantangai Dukung Pencegahan Karhutla

  • Whatsapp

Polres Kapuas – Sebagai bentuk dukungan terhadap 4 fokus Kapolda Kalteng tentang pencegahan dan penanggulangan karhutla di tahun 2021, Personel Polsek Mantangai jajaran Polres Kapuas, Polda Kalteng, Aipda Joko Adinata beserta dua rekan lainnya melakukan patroli kamtibmas dan sambangi warga untuk sosialisasikan Maklumat Kapolda Kalteng, Selasa (2/3/2021) pukul 11.30 WIB.

Dalam kegiatan sambangnya, Aipda Joko beserta 2 rekan lainnya menyampaikan isi Maklumat Kapolda Kalteng tentang sanksi pidana bagi pembakar hutan dan atau lahan di Desa Mantangai Hilir RT. 3 dan RT. 4 Kec. Mantangai Kab. Kapuas, Kalteng.

Bacaan Lainnya

“Tak lupa kami juga berikan imbauan kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran hutan maupun lahan dan apabila mengetahui ada warga yang masih melakukan kegiatan pembakaran agar segera melaporkan ke pihak Kepolisian sehingga dapat segera di ambil upaya pemadaman dan pelakunya dapat dilakukan proses hukum,” lanjut Joko.

Kapolsek Mantangai Iptu Catur Winarno menuturkan bahwa melalui kegiatan sambang dan sosialisasi yang dilakukan rutin oleh anggotanya merupakan upaya Kepolisian dalam mencegah bencana kebakaran hutan maupun lahan sejak dini di wilayahnya.

“Sekali lagi diimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan pelaku usaha di bidang kehutanan/perkebunan/pertanian, dilarang membuka lahan dengan cara membakar, dan apabila menemukan titik api di lokasi lahan milik pribadi atau milik orang lain agar segera melaporkan kepada pemerintahan desa, instansi terkait, POLRI maupun TNI untuk dilakukan upaya pemadaman secara bersama-sama,” jelas Kapolsek.

“Semoga apa yang telah kami lakukan selama ini hendaknya dapat di dukung oleh seluruh warga masyarakat, sehingga kita dapat terbebas dari bencana kebakaran hutan maupun lahan,” lanjut Catur.

“Dan terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan akan dikenakan pasal berlapis karena telah melakukan tindak pidana sesuai dengan isi dari maklumat,” tegas Kapolsek menutup pembicaraan. (ver)

Pos terkait