Musrenbang Kota Tegal 2021, Penyusunan RKPD 2022 harus Menyesuaikan Perubahan RPJMD

  • Whatsapp

ANALISNEWS, TEGAL – Imbas Pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19) memiliki dampak yang besar dalam penyusunan penganggaran sebuah daerah. Kota Tegal telah menyelesaikan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 terkait dengan pandemi tersebut.

Sementara itu, dalam pelaksanaan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tegal Tahun 2022, Pemerinta Kota Tegal (Pemkot Tegal) diminta untuk mensinkronkan dengan perubahan RPJMD yang sudah dilakukan.

Himbauan tersebut disampaikan Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro, saat memberikan sambutan dalam giat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Tegal tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerinta Daerah (RKPD) Kota Tegal Tahun 2022, melalui zoom meeting, Kamis (8/4) yang dipusatkan di Command Room Kantor Dinkominfo Kota Tegal.

“Saat ini proses perubahan RPJMD sedang dalam proses perubahan, tentunya perencanaan penganggaran tahun 2022 harus pula menyesuaikan dengan perubahan RPJMD yang sedang dilakukan. Sehingga perencanaan penganggaran tahun 2022 sinkron dengan dokumen perencanaan yang sedang disesuaikan,” tutur Kusnendro.

Selanjutnya Kusnendro meminta kebijakan Pemkot harus berkesinambungan dalam penyusunan RKPD juga dengan pokok-pokok pikiran DPRD baik dalam penyusunan kebijakan pengelolaan keuangan maupun penyelenggaraan urusan Pemerintah Daerah serta fokus pada program-program prioritas.

 

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kota Tegal Kelik Haryono menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Musrenbang ini memang untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kota Tegal dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Jawa Tengah/Nasional, mendapatkan masukkan untuk penyempurnaan Rancangan RKPD Kota Tegal Tahun Anggaran 2022 yang memuat prioritas pembangunan daerah serta penajaman Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun Anggaran 2022.

Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya pada Musrenbang tersebut menyampaikan bahwa perencanaan pembangunan daerah merupakan bagian dari satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Sehingga perencanaan pembangunan daerah haruslah sinkron dan sinergi dengan perencanaan dan target pembangunan nasional untuk tahun 2022.

Terkait dengan tema pembangunan Kota Tegal pada 2022, dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan tema pembangunan Kota Tegal tahun 2022 adalah “Peningkatan Kesejahteraan Sosial serta Percepatan Pemulihan Perekonomian Daerah”.

“Kita berharap semoga tema yang telah kita tetapkan tersebut benar-benar dapat kita wujudkan dalam pembangunan Kota Tegal di tahun 2022 yang akan datang, sehingga permasalahan-permasalahan pembangunan Kota Tegal dapat kita atasi bersama,” harap Dedy Yon.( TT/FIRDA)

Pos terkait